Sabotase Rumah Pompa di Jakarta, Pelaku Potong Kabel Listrik Penghubung | tvOne

Sabtu, 23 Januari 2021 - 09:35 WIB

Jakarta - Aksi pemotongan kabel terjadi di Rumah Pompa Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Jakpus). Meski begitu, Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa perusakan ini tidak mengganggu sistem pompa air di Dukuh Atas.

Rangkaian kabel listrik di Rumah Pompa Dukuh Atas, Jakarta Pusat disabotase oleh orang tak dikenal beberapa hari lalu. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria bahwa pelaku sudah tertangkap dan diproses oleh pihak kepolisian. Namun kerusakan kabel listrik Rumah Pompa ini tidak mengganggu proses kerja mesin pompa tersebut.

“Terkait dengan pompa, dulu 24 Juli 2002 ada orang tak dikenal masuk ke Rumah Pompa dini hari tapi belum ketangkap. Kejadian beberapa hari kemarin ini sedang diproses kita akan lihat apa motif masalahnya dan apa yang dilakukan,” ungkap Riza Patria.

Meskipun ada kabel yang dipotong tetapi tidak menghentikan pompa yang ada tetap berfungsi. Terkait permasalahan ini, Riza Patria mengungkapkan telah menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, kabel listrik yang berada di Rumah Pompa Dukuh Atas dipotong oleh orang tak dikenal beberapa hari lalu. Hal ini terlihat dari untaian kabel listrik yang menjadi sumber daya penggerak penyedot air masih berantakan.

Petugas kepolisian pun masih melakukan penyelidikan dan memberi garis polisi di sekitar kabel. Diduga pemotongan ini dilakukan pada malam hari saat kondisi sepi.

Jasmine Rachmadi yang melaporkan langsung dari Rumah Pompa menyampaikan jika saat ini kondisi disana tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, tidak terlihat adanya pengamanan khusus maupun garis polisi.

Meski begitu, bekas dari upaya sabotase hingga saat ini masih terlihat jelas. Terbukti dengan adanya beberapa kabel listrik yang terjuntai bahkan beberapa dari kabel tersebut juga tampak ditarik dan dipotong secara paksa.

Diduga motif dari pemotongan tersebut agar menyebabkan Jakarta terendam banjir. Dalam hal ini, petugas dari Rumah Pompa Dukuh Atas, Jakarta Pusat menegaskan bahwa pompa air masih bisa berfungsi dengan baik. Yang mana tidak terpengaruh oleh adanya pemotongan atau upaya sabotase yang dilakukan oleh orang tak dikenal di Rumah Pompa Dukuh Atas ini.

“Pada dua minggu terakhir pun juga tidak ada seluruh aktivitas yang terganggu dengan adanya upaya sabotase ini dimana tidak menyebabkan mati listrik ataupun aktivitas-aktivitas lainnya,” ujar Jasmine.

Hingga kini, petugas juga belum mengetahui kapan upaya sabotase ini dilakukan tetapi diduga terjadi pada malam hari.

Kepala Polsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, mengaku, mendapat informasi sejumlah kabel di Rumah Pompa Dukuh Atas dipotong orang tak dikenal. Pihaknya sudah mengerahkan anggota untuk membongkar kasus tersebut. "Kasus ini sedang diselidiki oleh anggota," kata Singgih. (adh)

 

Lihat juga: Pasangan Tindak Asusila di Halte Bus Kramat Raya Diburu Polisi

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral