Ketua Satgas Doni Monardo Positif Terpapar Covid-19 | tvOne

Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:45 WIB

Jakarta - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo positif terinfeksi virus corona dan saat ini menjalani isolasi mandiri. Ia menyatakan tidak merasakan gejala apapun.

Hal tersebut menyusul dengan aktivitas Doni Monardo yang padat dalam sepekan terakhir, yakni memimpin penanggulangan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

Ketua Satgas COVID-19 ini melakukan swab PCR pada hari Jumat (22/1) malam dan hasil PCR keluar pada hari Sabtu (23/1) pagi dengan CT value 25, dimana dinyatakan positif terpapar COVID-19.

Dalam keterangannya, Doni menuturkan bahwa dirinya tidak merasakan gejala apapun dan masih kuat berolahraga. Ia pun kini tengah menjalani isolasi mandiri dengan tetap memantau perkembangan penanganan corona serta penanganan bencana di berbagai daerah di Indonesia.

Terlebih lagi, Ia mengungkapkan jika selama ini dirinya begitu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Namun, virus COVID-19 masih bisa menyerangnya. Ia juga berpesan agar masyarakat lebih disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan. Karena virus COVID-19 adalah ancaman nyata yang begitu dekat dengan kita.

Tertular Saat Makan

Doni Monardo meyakini dirinya terpapar COVID-19 saat makan sehingga terpaksa melepas masker. Untuk itu, Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

"Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain," kata Doni dalam keterangan persnya.

Doni menuturkan selama sepekan memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika bersama orang lain. "Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," ujarnya.

Belum Mendapat Vaksin

Sementara itu, tenaga ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus staf khusus Doni Monardo, Egy Massadiah mengatakan Doni Monardo belum mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Belum vaksin," kata Egy.

Egy menuturkan bahwa Doni belum dijadwalkan menjalani vaksinasi saat berangkat untuk melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah yang terdampak bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Doni tertular virus corona di tengah kepadatan aktivitas memimpin upaya penanggulangan COVID-19 serta penanganan dampak bencana di berbagai daerah.

Doni baru kembali dari Mamuju, Sulawesi Barat, pada Jumat sore (22/1), dan sore hari itu juga dia bersama seluruh staf yang mendampinginya selama kunjungan kerja di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19. Selain Doni, ada salah satu stafnya yang tertular virus corona. (adh/ito)

 

Lihat juga: Ketua Satgas Doni Monardo Positif COVID-19 Usai Tinjau Lokasi Gempa

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral