Genangan Banjir Setinggi 1 Meter di Bekasi Dikabarkan Mulai Surut | tvOne

Minggu, 24 Januari 2021 - 18:13 WIB

Bekasi - Hujan deras yang mengguyur sejak pagi tadi membuat Perumahan Jatibening Permai, Bekasi, banjir hingga setinggi 1 meter.

Selain itu, banjir juga disebabkan adanya penyumbatan gorong-gorong di aliran Kali Cakung yang berada di belakang perumahan. Salah seorang warga mengatakan, banjir mulai menggenangi perumahan sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi (24/1).

Namun kini tampak banjir sudah mulai surut bahkan baru saja tiba dua mobil pemadam kebakaran yang ikut diturunkan untuk membantu melakukan pembersihan terutama di tempat-tempat fasilitas umum, seperti di taman maupun di masjid untuk melakukan penyemprotan terhadap lumpur sisa banjir.

“Saat ini dua mobil pemadam kebakaran sedang berkeliling menuju ke rumah-rumah warga dimana disini terdapat sekitar 350 kepala keluarga (KK) dan ada 350 rumah juga yang nantinya dibantu proses pembersihan dengan penyemprotan oleh tim pemadam kebakaran,” ungkap Yasin Idris yang melaporkan langsung dari Bekasi, Jawa Barat.

Banjir di Bekasi terjadi sampai dengan pukul 15.10 WIB, dimana air betul-betul dinyatakan telah surut. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi pun telah menyediakan 4 pompa air untuk melakukan penyedotan agar air cepat surut.

Yasin mengatakan jika pada siang tadi sempat beberapa warga melakukan evakuasi khususnya bagi para lansia, bayi, dan balita yang dinaikkan keatas perahu karet untuk dievakuasi. Pengevakuasian dilakukan karena hujan terus turun sampai dengan siang tadi dapat meningkatkan ketinggian air yang ada di Perumahan Jatibening Permai, Bekasi ini dan dikhawatirkan mereka terjebak didalam rumah.

Meski begitu, masih banyak warga yang bertahan di rumahnya masing-masing. Kejadian banjir di Bekasi ini pun sempat terjadi pada awal tahun lalu. Para warga terdampak banjir yang cukup parah pada bulan Januari 2020 silam.

Oleh karena itu, dengan adanya hujan yang memiliki intensitas cukup tinggi di tahun ini para warga sekitar pun telah memprediksi bahkan berbagai persiapan juga telah dilakukan diantaranya dengan menyimpan berkas-berkas penting dan mengamankan barang-barang mereka. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya banjir seperti sekarang ini. (adh)

 

Lihat juga: Bekasi Dilanda Banjir Setinggi 70 cm

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral