Lima ABK Masih Hilang dalam Insiden Tabrakan Kapal di Perairan Gresik | tvOne

Senin, 25 Januari 2021 - 10:11 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Lima anak buah kapal (ABK) masih dalam pencarian setelah peristiwa tabrakan kapal antara KM Tanto Bersinar dan kapal tug boat TB Mitra Jaya XIX terjadi di Area Bouy 3 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di Perairan Kabupaten Gresik. Sampai saat ini tim gabungan Polairud Direktorat BKO Gresik, Polairud Gresik dan KPLP Gresik, masih dalam proses evakuasi dan pencarian para korban.

Petugas gabungan dari Basarnas, TNI AL, Polairud Polda Jawa Timur, dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) terus melakukan upaya pencarian lima anak buah kapal yang hilang di Perairan Karang Jamuang, Gresik.

Diduga lima orang ABK ini masih berada di dalam kapal tug boat Mitra Jaya yang terbalik akibat tabrakan dengan dua kapal lainnya. Proses pencarian lima ABK kapal tug boat Mitra Jaya yang tenggelam di Perairan Karang Jamuang terus dilakukan oleh petugas gabungan.

Dengan menyisir sekitar lokasi kejadian menggunakan kapal milik Polairud, Basarnas, dan KPLP. Diduga kelima ABK yang belum ditemukan tersebut masih berada didalam kapal dan tidak sempat menyelamatkan diri.

“Untuk pagi ini kami dari DIrektorat Kepolisian Perairan Polair Jatim telah melaksanakan perkembangan tentang evakuasi tug boat Mitra Jaya 19,” ungkap Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jawa Timur AKBP Herlambang.

Lebih lanjut Ia mengatakan jika pagi hari ini (25/1) Kapal Ibis dari Mabes Polri sedang melakukan proses pencarian. Terkait dengan bangkai kapal tug boat Mitra Jaya 19, pihaknya mengaku sudah melakukan evakuasi bersama dengan tim Basarnas yang ditarik oleh tug boat Mitra Jaya 7.

“Adapun untuk tujuan akan ditarik ke tempat yang terdekat dan akan dilaksanakan evakuasi korban yang diduga masih ada kapal tug boat Mitra Jaya 19,” ujarnya.

Selanjutnya, pihak Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jawa Timur menyampaikan jika nanti ada perkembangan lebih lanjut terkait proses pencarian lima orang ABK yang hilang dalam insiden tabrakan kapal ini akan informasikan kembali.

Selain melakukan pencarian lima orang ABK yang hilang, tim pencarian juga fokus melakukan upaya pencegahan pencemaran laut dengan menarik bangkai kapal ke daratan Gresik.

Sebelumnya, gelombang dan angin kencang yang terjadi dilaut Jawa membuat tiga kapal bertabrakan di 8 mil Barat Laut dari Perairan Karang Jamuang pada hari Sabtu (23/1) dini hari kemarin.

Akibat peristiwa ini, delapan orang ABK yang berada di atas kapal tug boat Mitra Jaya tenggelam. Tiga orang ABK berhasil diselamatkan oleh nelayan, sementara lima 5 orang ABK lainnya masih dinyatakan hilang. (adh)

 

Lihat juga: Detik-detik Tenggelamnya Kapal Muatan 26 Ton Kelapa Sawit di Laut

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral