Diguyur Hujan Semalaman, Jembatan di Gunung Kidul Ambrol | tvOne

Senin, 1 Februari 2021 - 12:56 WIB

Yogyakarta – Sebuah jembatan di ruas jalan Provinsi, di kecamatan Girisubo, Gunung kidil, Yogyakarta ambrol. Peristiwa itu diduga terjadi karena derasnya curah hujan yang melanda wilayah tersebut.

Jembatan sepanjang enam meter di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Gunungkidul dan Wonogiri ini ambrol pada Sabtu (30/1) malam. Jembatan ambrol setelah pondasi tak kuat menahan derasnya banjir yang membawa material kayu dan bambu.

Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah kecamatan Girisubo lebih dari empat jam. Tingginya curah hujan membuat banjir di sejumlah titik dan mengikis pondasi jembatan hingga ambrol. Sejumlah retakan di sekitar jembatan membuat kontur tanah menjadi labil.

Pihak pemerintah daerah mengaku akan segera memperbaiki jembatan yang menjadi jalur utama warga ini. “Titik lokasi di Girisubo terjadi genangan air, dan jembatan ambrol. Laporan sudah kami sampaikan kepada pihak Provinsi. Kami juga akan menginventarisir jumlah kerugian,” kata Camat Girisubo, Agung Danarto.

Sementara ini warga yang beraktifitas di Gunungkidul maupun Wonogiri terpaksa harus memutar arah hingga lebih dari 30 kilometer melalui kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Potensi banjir Kategori Menengah

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi bencana banjir kategori menengah dan hujan dengan intensitas lebat di wilayah Yogyakarta.

"Hujan ekstrem tersebut berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor yang dapat membahayakan," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian (sepuluh hari pertama) Februari 2021, yaitu sebagian kecil Bengkulu, Banten bagian selatan, Sebagian kecil Jawa Barat bagian timur dan selatan, sebagian besar Jawa Tengah bagian Barat dan timur.

“Selain itu, juga di sebagian kecil selatan DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian timur, tengah dan selatan, Bali bagian utara dan selatan, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat bagian barat dan timur, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur bagian barat dan timur, sebagian kecil Kalimantan Barat bagian utara.”

Sementara hujan dengan intensitas lebat diprediksi terjadi hingga 2 Februari di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral