Terekam CCTV! Detik-detik Buronan Interpol Asal Rusia Kabur dari Imigrasi Bali | tvOne

Senin, 15 Februari 2021 - 09:20 WIB

Badung, Bali – Seorang buronan interpol asal Rusia kabur dari kantor Imigrasi bandara Ngurah Rai, Bali. Andrew Ayer kabur saat proses administrasi untuk dideportasi setelah sebelumnya menjalani hukuman pidana kasus narkoba.

Dalam rekaman kamera pengawas, terekam detik detik saat Andrew Ayer, buronan interpol asal Rusia kabur dari kantor imigrasi Ngurah Rai, Bali. Dalam rekaman terlihat andrew lolos dari pengawasan petugas yang pada saat itu melakukan pendataan.

Peristiwa ini terjadi saat Andrew menjalani proses administrasi sebelum dipindahkan ke rumah detensi imigrasi Denpasar.

Diduga Andrew kabur dibantu teman wanitanya asal Rusia yang menjenguknya pada saat kejadian. Andrew aAyer sebelumnya telah menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan atas kasus narkoba pada 3 Febuari lalu.

Setelah masa hukuman berakhir, rencananya ia akan dideportasi ke negara asalnya. Proses administrasi dilakukan untuk mendata dan menyiapkan surat penyerahan untuk nantinya diambil oleh interpol.

“Warga negara Asing tersebut, Andrew Ayer melarikan diri saat petugas melakukan proses administrasi, melakukan perekaman sidik jari dan foto,” kata Kepala Kantor Imigrasi kelas I khusus Ngurah Rai, Parlindungan.

Parlindungan melanjutkan, “Pada saat itu ia dikunjungi seorang perempuan, yang merupakan istrinya, Ecatarina, warga Rusia juga. Saat proses administrasi istrinya akan membeli makanan dan akan mengantarkan ke ruang kantor. Kesempatan itulah digunakan oleh Andrew Ayer menyelinap melarikan diri. Hingga kini yang bersangkutan belum ditemukan,” papar Parlindungan.

Hingga saat ini petugas kantor imigrasi masih melakukan pencarian dan pengejaran terhadap buron interpol Andrew Ayer. Petugas juga telah menyebar foto pelaku di berbagai tempat tempat umum agar segera tertangkap.

DPR Pertanyakan Kinerja Imigrasi

Menyikapi peristiwa tersebut, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mempertanyakan proses pengamanan dan keamanan kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali atas kaburnya buronan interpol atas nama Andrew Ayer.

"Ada keanehan yang terjadi dari kaburnya Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia buronan interpol tersebut, masa bisa mudah melarikan diri begitu saja tanpa terlihat petugas imigrasi," kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (13/2).

Dia meminta pihak imigrasi melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap Polri untuk dapat segera menangkap kembali Andrew Ayer dalam waktu cepat. Menurut dia langkah tersebut sangat penting agar jangan sampai pelaku sudah keluar dari Bali dan sulit untuk ditemukan.

"Pulau Dewata tidak terlalu besar tentunya ini akan lebih mempermudah mencari pelaku, pihak imigrasi harus bertanggung jawab dalam hal ini," ujarnya. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral