Dramatis, Aksi Penyelamatan Bayi Gajah di Pidie Aceh yang Terjebak di Dalam Kubangan Lumpur | tvOne

Selasa, 16 Februari 2021 - 06:55 WIB

Kabupaten Pidie, Aceh - Bayi gajah betina berumur sekitar tiga minggu dengan berat badan mencapai 85 kilogram berhasil dievakuasi tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama warga dari kubangan lumpur di salah kawasan hutan kabupaten Pidie.

Warga bersama dengan tim BKSDA bertaruh nyawa menyelamatkan nyawa bayi gajah yang terjebak di kubangan lumpur di Kabupaten Pidie Aceh. Gajah tersebut mengalami luka serius sementara itu induk gajah berusaha menyerang tim penyelamat.

Tampak suasana penyelamatan bayi gajah yang terjebak di kubangan lumpur bekas sawah milik petani di Desa Gampong Pulot, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. 

Serangan dari induk gajah membuat warga dan tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) harus ekstra hati-hati. Beberapa kali warga terpaksa membunyikan petasan untuk mengusir induk gajah agar bayi gajah itu bisa diselamatkan.

Upaya penyelamatan yang dilakukan mereka pun tidak sia-sia. Bayi gajah dapat dievakuasi dan dibawa ke pusat konservasi gajah yang terletak di Saree, Kabupaten Aceh Besar untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Dari hasil pemeriksaan dokter hewan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, anak gajah yang diperkirakan berusia tiga minggu itu mengalami buta dan lumpuh akibat terlalu lama terjebak dalam kubangan lumpur.

“Kondisi gajah sangat buruk kita mendapati bayi gajah ini dalam kondisi patah persendian atau dislokasi kemudian kaki belakang mengalami kejang atau kram, bola mata juga mengalami kerusakan. KIta tidak tahu ini kondisinya permanen atau temporer tapi kondisinya sangat sangat buruk,” ungkap Dokter Hewan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Rosa Rika Wahyuni.

Meski begitu, tim dokter hewan dari BKSDA mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kesembuhan bayi gajah itu. Diketahui bayi gajah berjenis kelamin betina tersebut sudah terperangkap di kubangan lumpur sejak tanggal 8 Februari 2021 lalu.

Sebelumnya, BKSDA Aceh bekerja sama dengan mitra mengevakuasi satu individu bayi gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) yang terjebak di kubangan lumpur di Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie.

Setelah dievakuasi, bayi gajah itu dievakuasi ke PKG Saree untuk penanganan medis lebih lanjut. Sebab, berdasarkan pemeriksaan awal tim medis kondisi bayi gajah itu lemah dan kritis. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral