BNN Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 436 KG Sabu

Kamis, 18 Februari 2021 - 10:08 WIB

Jakarta-Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bakamla RI berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 436,3 kg di Kepulauan Seribu, Jakarta. Sindikat diduga jaringan internasional dari Timur Tengah dan Asia Selatan.

"Sudah jelas ini jaringan internasional. Kami menduga ini dari Timur Tengah dan Asia Selatan dilihat dari fisik dan bentuk barang bukti secara kasat mata," ungkap Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari.

Empat orang tersangka berinisial M, S, MG dan AL berhasil ditangkap. Tiga tersangka dalam operasinya diduga dikendalikan oleh AL yang merupakan warga lapas kelas II B kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

BNN juga mengantongi pemasok ratusan kilogram sabu yang merupakan warga negara asing.

Sementara itu menurut Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurni seperti dikutip dari antaranews, pengintaian untuk menggagalkan aksi penyelundupan narkotika lewat laut ini sudah dilakukan sejak 2018. Pada November 2020 ada laporan dari masyarakat setempat bahwa ada paket narkotika dalam jumlah besar yang akan masuk ke Jakarta.

Atas laporan itu BNN dan Bakamla melakukan pendalaman dan mendapat hasil bahwa paket narkotika berada di salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Pada 31 Januari 2021, tim gabungan menemukan 21 paket yang diduga sabu. (NER)

Lihat juga: Tidak Lagi Semrawut, Senen Makin Keren | Cerita Kita tvOne

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral