Kantor Samsat Ciamis Ditutup, 51 Pegawai Positif Corona | tvOne

Minggu, 21 Februari 2021 - 08:00 WIB

Ciamis, Jawa Barat – 51 pegawai kantor Samsat Kabupaten Ciamis terkonfirmasi positif Covid-19. Kantor Samsat Ciamis tidak membuka layanan dan ditutup sementara waktu.

Dalam video yang viral Nampak sejumlah ambulan yang membawa sejumlah pasien positif Covid-19 di kantor Samsat Ciamis. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Yoyo mengatakan pada pemeriksaan pertama didapatkan bahwa 5 pegawai Samsat terkionfirmasi positif Covid-19. “Ada 51 orang. Ada Sebagian yang diisolasi mandiri,” kata Yoyo.

Namun pada perkembangan selanjutnya, pegawai Samsat Ciamis yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sehingga totalnya berjumlah 53 orang. "53 pasien yang positif merupakan pegawai dan pedagang di lingkungan Samsat," kata Yoyo melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Dari 53 pasien tersebut, sebanyak 7 orang menjalani isolasi mandiri di Pusat Isolasi Covid-19  Kompleks Islamic Center Ciamis. Sementara sisanya isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Awalnya, seorang pegawai dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test antigen. Temuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan tes swab. "Hasilnya positif," kata Yoyo.

Dinkes kemudian melakukan tracing kepada pihak yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut. Hasil tracing, ada 64 orang yang kontak erat, termasuk pedagang di kantin Samsat. Pihak yang kontak erat kemudian menjalani tes swab pada Rabu (17/2). "Ada 64 orang yang terperiksa, hasilnya 38 orang terkonfirmasi positif," kata Yoyo.

Bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah, menurut Yoyo, mendapat pengawasan dari puskesmas setempat. Isolasi mandiri sendiri akan dilakukan selama 10 hari dan akan diobservasi kembali perkembangannya setelah 10 hari.

Setelah munculnya klaster virus corona, pelayanan di Kantor Samsat Ciamis ditutup sementara. Kantor Samsat akan disterilisasi dengan disinfektan yaitu pada 19-20 Februari 2021.  

Namun demikian, meski ditutup sementara, masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan dengan menggunakan aplikasi, e-Samsat dengan mudah. Selain itu, layanan outlet P3D ) lain tetap beroperasi seperti Samsat Kawali, Banjarsari, Rancah dan Samsat keliling serta UPK Galuh Buana Panumbangan.

Kantor Samsat Ciamis rencananya akan kembali beroperasi pada Senin (22/2). (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral