Imbas Jebolnya Tanggul Citarum, Pemukiman Warga Terendam Banjir Hingga Ketinggian 1,5 Meter | tvOne

Minggu, 21 Februari 2021 - 18:12 WIB

Bekasi, Jawa Barat – Tanggul Citarum di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jebol. Jebolnya tanggul Citarum mengakibatkan permukiman warga terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

Sekitar 6.000 warga terdampak banjir setelah tanggul Citarum jebol pada hari Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 23.30 WIB. Tanggul Citarum jebol sekitar 50 meter tepatnya di daerah Kampung Babakan, Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa. Namun warga yang minta batuan untuk dilakukan evakuasi cukup banyak, tim sar dan berbagai pihak terus melakukan upaya penyisiran dan evakuasi,” kata Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah.

Penyisiran dan evakuasi warga korban banjir masih dilakukan di antaranya di Kecamatan Teluk Jambe Barat dan Teluk Jambe Timur.

Untuk penanggulangan banjir akibat jebolnya tanggul sungai Citarum, pihaknya mengerahkan 3 unit rescue car, 3 unit LCR Basarnas, 1 unit LCR Polair, 1 unit LCR polsek, 1 Unit LCR BPBD, 1 unit Rafting Koramil, 1 unit Rafting ACT, 3 set peralatan alkom, 3 set peralatan medis dan APD personel.

Bantuan Personil Polisi

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyebutkan pihak kepolisian juga menerjunkan personil untuk melakukan evakuasi dan bantuan ke wilayah Kabupaten Bekasi yang terdampak tanggul Sungai Citarum yang jebol, di antaranya Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Adapun yang terdampak banjir Desa Karang Segar dan Desa Karang Harja ada total 6.000 kepala keluarga (KK) yang terdampak dengan ketinggian air 1,5 meter.

Lalu, Kampung Biyombong di Desa Pantai bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, dengan wilayah yang terdampak banjir adalah Desa Pantai Harapan Jaya, Desa Jaya Sakti, Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Mekar.

Jumlah keseluruhan kepala keluarga yang terdampak di kawasan itu sebanyak 5.094 kk dengan ketinggian air 1,5 meter.

Data Korban Banjir Bekasi

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mencatat sebanyak 1.756 keluarga terdampak banjir akibat hujan deras di daerah itu sejak Jumat lalu.

"Kami lakukan evakuasi, pertolongan, serta bantuan logistik dibantu Polres, Kodim, Basarnas, PMI, Destana, dunia usaha, relawan, serta perangkat daerah lainnya," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln.

Dia menyebut 1.756 keluarga terdampak banjir hari ini berasal dari 20 desa dan kelurahan di delapan kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

Delapan kecamatan itu, kata Henri, di antaranya Kecamatan Cibitung, Tambun Selatan, Kecamatan Cikarang Selatan. Kemudian Kecamatan Cikarang Pusat, Cibarusah, Cikarang Utara, serta Kecamatan Serang Baru.(ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral