Bantuan Logistik untuk Korban Tanggul Citarum Jadi Prioritas | tvOne

Selasa, 23 Februari 2021 - 13:05 WIB

Bekasi, Jawa Barat – Kepala BNPB Doni Monardo, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat langsung lokasi jebolnya tanggul sungai Citarum di kabupaten Bekasi Jawa Barat. Peninjauan lokasi bencana dilakukan dari udara dengan menggunakan helicopter.

Menurut Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono penyebab jebolnya tanggul sungai Citarum ada kaitannya dengan aliran air sungai cibeet. Sungai cibeet merupakan anak sungai citarum.

“Tadi kami pantau tanggul-tanggul yang jebol, bukan hanya tanggul sungai tapi juga tanggul-tanggul irigasi permukaan airnya sudah rata. saya kira ini karena apa? ini dari hilirnya bendungan Jatiluhur, ada anak sungai Citarum namanya sungai Cibeet. debit air yang masuk ke sungai Citarum 900 meter kibik perdetik. Walaupun dari Jatiluhur telah dikurangi outflownya kerena hanya menggerakan listrik tapi bergabung  menjadi 1300 meter kibik perdetik. sementara daya tampungnya hanya 1100 meter kibik perdetik. tapi sudah bergerak peralatan dari balai besar Citarum.” Jelasnya.

Sementara itu, kepala badan nasional penanggulangan bencana, Doni Monardo menyatakan bantuan logistik berupa makanan siap saji akan diberikan kepada warga terdampak banjir. Tak hanya itu, BNPB  juga akan  mengevakuasi korban tanggul jebol sungai citarum yang memiliki kebutuhan khusus.

Sementara itu, terputusnya jalan akibat luapan sungai Citarum, kebutuhan para pengungsi terdampak banjir sungai citarum akan diberikan melalui udara.

"BNPB akan mengkoordinasikan terutama untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak berupa logistik siap saji. kemudian yang kedua adalah evakuasi kepada mereka yang memiliki gaguan kesehatan. jadi, dimohon kepada masyarakat yang kiranya membutuhkan bantuan evakuasi untuk mencari heliped yang relatif lebih aman, agar bisa kita evakuasi dari lokasi bencana. juga kepada masyarakat yang lansia, ibu hamil akan mendapatkan prioritas." Jelasnya.

Sebelumnya, tanggul citarum yang jebol mengakibatkan sejumlah wilayah permukiman penduduk di kabupaten bekasi kebanjiran pada minggu dini hari kemarin.

Empat Desa di Kabupaten Bekasi Jawa Barat terisolir akibat luapan sungai Citarum, yang jebol dan meluap hingga ke permukiman warga. Air merendam 4 desa di kecamatan pebayuran yakni desa Sukaurip, Karangsegar, Bantasari dan Sumber Urip.

Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke sejumlah lokasi, mayoritas warga membangun tenda darurat di sepanjang pinggiran sungai. Tentu saja kondisi ini sangat memprihatinkan, apalagi dalam satu tenda berisikan satu hingga dua kepala keluarga dengan kondisi tenda yang jauh dari layak.

Saat ini warga sangat membutuhkan bantuan perahu karet untuk evakuasi, bantuan pangan dan obat-obatan.  dapur umum dan keperluan logistik pun hingga kini belum tersedia. Hingga kini, banjir setinggi satu setengah meter belum surut dan aktivitas warga lumpuh. (mii)

Lihat Juga: Begini Kondisi Tanggul Citarum yang Jebol Sebabkan 4 Desa Terendam | tvOne

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral