Ribuan Jurnalis Jalani Vaksinasi Tahap Pertama di GBK | tvOne

Kamis, 25 Februari 2021 - 17:03 WIB

Jakarta – Vaksinasi Covid-19 bagi para wartawan dimulai hari ini. Presiden berharap vaksinasi dapat melindungi para wartawan yang bertugas di lapangan. Ribuan awak media mengikuti vaksinasi perdana Covid-19 tahap pertama di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, yang kemudian vaksinasi bagi wartawan juga akan dilakukan di seluruh daerah.

Pada program vaksinasi untuk wartawan yang digelar di GBK Senayan ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Dalam siaran langsung kementerian, sekitar pukul 09.00 WIB, Menkominfo Johnny bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh berkeliling Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, yang menjadi lokasi vaksinasi untuk wartawan.

Pada kesempatan ini Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa ia berharap awak media atau insan pers sebagai salah satu pihak yang didahulukan untuk mendapatkan vaksinasi bisa lebih terlindungi saat bekerja di era pandemi Covid-19.

“Kita harapkan memberikan perlindungan kepada awak media di lapangan,” kata Presiden.

Presiden mengatakan prioritas yang diberikan kepada awak media tersebut mempertimbangkan faktor risiko para wartawan yang sering berinteraksi dengan publik saat bekerja. Maka dari itu saat puncak perayaan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2021, Presiden Jokowi menginstruksikan agar awak media mendapatkan prioritas untuk divaksin lebih dahulu.

“Awak media di lapangan yang sering berinteraksi dengan publik, dengan narasumber, dan ini memberikan perlindungan dengan baik bagi insan pers yang pagi hari ini telah dilakukan vaksinasi,” katanya.

Presiden berharap vaksinasi kepada insan pers tersebut dapat segera berjalan di provinsi-provinsi lainnya. “Seluruh insan pers di Tanah Air, semuanya, segera mendapatkan vaksinasi,” katanya.

Menurut informasi yang disiarkan Kominfo, program ini diikuti 5.512 jurnalis di DKI Jakarta, hasil kerja sama Kominfo dengan Kementerian Kesehatan dan Dewan Pers. Vaksinasi pertama ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 25 sampai 27 Februari.

Profesi ini dipilih untuk mengikuti vaksinasi karena sering kali berinteraksi dengan publik maupun narasumber perorangan.

Indonesia mengadakan program vaksinasi sejak pertengahan Januari lalu, menggunakan vaksin buatan Sinovac. Secara total Indonesia akan menggunakan lima merk vaksin untuk prgram vaksinasi gratis dari pemerintah, yaitu Sinovac, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Novavax dan Gavi.

Tahap pertama vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan, sementara tahap kedua untuk petugas publik.

Secara bertahap, pemerintah mengadakan program vaksinasi untuk 70 persen masyarakat Indonesia atau 181 juta orang. Program vaksinasi COVID-19 ini diharapkan bisa membentuk kekebalan kolektif, herd immunity terhadap virus novel corona.

Selain vaksin gratis, Indonesia juga akan mengadakan program vaksinasi mandiri, atau disebut program Vaksinasi Gotong Royong, yang akan dilakukan setelah program pemerintah. (ito)

(Lihat Juga: Jumlah pedagang tanah abang yang ingin ikut vaksin membludak)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral