20 Orang Tewas dan 30 Luka-Luka Akibat Teror Bom Mobil di Somalia | tvOne Minute

Minggu, 7 Maret 2021 - 17:08 WIB

Somalia - Sedikitnya 20 orang tewas dan 30 lainnya mengalami luka dalam peristiwa bom mobil bunuh diri tepat di depan restoran dekat pelabuhan ibu kota Somalia, Mogadishu, pada Jumat (5/3) malam, menurut pejabat terkait.

Ledakan memicu asap tebal sekaligus suara seperti tembakan, ungkap saksi mata dan media pemerintah.

"Sejauh ini kami telah mengangkut 20 korban tewas dan 30 korban luka dari lokasi kejadian," kata pendiri layanan AAMIN Ambulance, Dr. Abdulkadir Aden, kepada Reuters. Menurut saksi mata, ledakan terjadi di restoran Luul Yemeni dekat pelabuhan.

"Sebuah mobil yang melaju kencang meledak di restoran Luul Yemeni. Saya sedang menuju ke restoran tersebut, tetapi balik lagi waktu terjadi ledakan dan asap menutupi area tersebut," kata warga setempat, Ahmed Abdullahi, kepada Reuters.

Radio Mogadishu milik pemerintah melaporkan bahwa terdapat kerusakan bangunan dan polisi telah menutup area tersebut. Meski begitu, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insiden ledakan.

Kelompok al Shabaab kerap melakukan aksi bom bunuh diri di Somalia dan di tempat lainnya sebagai bagian dari upaya mereka untuk menggulingkan pemerintah pusat negara Tanduk Afrika tersebut dan membentuk pemerintahannya sendiri berdasarkan pemahamannya yang keras soal hukum syariah.

Warga Somalia diteror oleh bom mobil yang terjadi beberapa kali dalam waktu berdekatan. Bom mobil tersebut menimbulkan kerusakan, korban meninggal, dan terluka. Diketahui teror bom terakhir menewaskan 20 orang.

Ledakan ini terjadi di depan Restoran Luul Yaman dekat pelabuhan. Menurut keterangan saksi mata, asap langsung memenuhi langit usai kejadian. Banyak bangungan rusak dan kini kawasan itu ditutup oleh pihak kepolisian.

Bom mobil juga meledak di Komplek Istana Kepresidenan Somalia di hari yang sama. Kelompok Islamis al Shabaab jadi pihak yang dituduh sering lakukan aksi bom. Hal itu dilakukan sebagai kampanye menggulingkan pemerintah pusat Negara Afrika. (adh)

 

Lihat juga: Aksi Bom Bunuh Diri di Toko Es Krim Somalia Menewaskan 7 Orang

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral