GEGER! Video Amatir Cahaya Bola Api dari Langit, Meteor Jatuh? | tvOne

Kamis, 18 Maret 2021 - 14:20 WIB

Banggai, Sulawesi Tengah – Warga Desa Jaya Bakti, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, digegerkan dengan munculnya bola api bercahaya di langit. Sebagian dari mereka mengabadikan peristiwa tersebut dan membagikan videonya di media sosial.

Bola api yang mereka duga sebagai meteor itu melintasi langit kemudian jatuh ke arah laut.

Setelah terlihat bola api tersebut, terdengar suara ledakan yang disertai guncangan cukup kuat. Fenomena ini membuat hebih warga setempat.

Warga yang sebelumnya berada di dalam rumah, berhamburan ke luar karena kaget.

Kejadian tersebut berlangsung pada Selasa, 16 Maret 2021 sekitar pukul 21.20 WITA.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin membenarkan bahwa fenomena yang menghebohkan masyarakat Banggai itu merupakan meteor.

“Laporan warga terkait terlihatnya cahaya terang yang terlihat di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah mengindikasikan bahwa yang dilihat oleh warga adalah meteor besar yang sering disebut sebagai bola api atau bolide,” kata Thomas.

Semua ciri yang disaksikan dan direkam warga, juga mengindikasikan hal tersebut.

“Itu disebabkan masuknya asteroid yang cukup besar kemudian menimbulkan gelombang kejut seperti yang dilaporkan oleh warga. Setelah terlihat adanya bola api besar yang jatuh terdengar sebuah  dentuman. Itu disebakan karena gelombang kejut saat asteroid tersebut memasuki atmosfer,” sambungnya.

Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA) Bola api atau bolide adalah istilah astronomi untuk meteor yang sangat terang dan cukup spektakuler untuk dilihat di area yang sangat luas. Sementara bolide menurut LAPAN adalah meteor yang sangat terang, terutama yang meledak di atmosfer

Pengamat terkadang bisa menyaksikan fenomena ini pada malam hari, atau lebih jarang pada siang hari.

Objek yang menyebabkan peristiwa bola api dapat berukuran lebih dari satu meter. Bola api yang meledak di atmosfer secara teknis disebut bolide meskipun istilah bola api dan bolide sering digunakan secara bergantian. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:16
02:20
09:45
06:41
02:45
00:46
Viral