SIMAK! Kronologi Insiden Tergelincirnya Pesawat Trigana Air, Ternyata.. | tvOne

Sabtu, 20 Maret 2021 - 18:57 WIB

Jakarta – Pesawat Trigana Air Boeing 737-400 tergelincir hingga keluar landasan saat mendarat sekitar pukul 11.26 WIB, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3).

Sebelum tergelincir pesawat ini sempat mengalami kendala,hal ini disampaikan Eksekutif General Manager bandara Halim Perdana Kusuma, Marsama TNI Nandang Sukarna, ia menyatkan  pesawat Trigana Air dengan registrasi PK-YSF rute Jakarta Halim Perdanakusuma - Makassar Sultan Hasanuddin melakukan prosedur return to base (kembali ke bandara asal keberangkatan), 2 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta pada Sabtu (20/3) dikarenakan ada kendala teknis.

Meski pesawat sempat mengalami percikan api dan sempat adanya kebakaran di Badan pesawat nanum sejumlah air crew dan penumpang selamat.  Pesawat Trigana Air berisi 2 pilot, 1 teknisi, dan 1 FOO (flight operation officerAtas

"Terjadi satu insiden pesawat mengalami kegagalan landing setelah mengalami one engine field. Dari kondisi tersebut untuk air Crew selamat meski saat mendaratkan ada percikan api dan sempat membakar badan pesawat.namun kurang dari dua menit api berhasil di padamkan.” Jelasnya.

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa runway Bandara Halim Perdanakusuma sementara waktu ditutup untuk penerbangan sipil sesuai dengan NOTAM Nomor A0693/21 menyusul tergelincirnya pesawat Trigana Air

“Akibat ini karena pesawat belum dapat di evakuasi kami menyatakan bahwa penerbangan dari dan menuju Bandara Halim sementara ditutup, dan dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta.” Tambahnya

Kemudian petugas ATC AirNav Indonesia Cabang Halim memberikan pelayanan kedaruratan berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura II (Persero) dan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma.

Saat ini sekitar 7 flight berjadwal yaitu 5 penerbangan Batik Air dan 2 penerbangan Citilink, dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta. Dan terkait hal ini, pihak Bandara Halim Perdanakusuma telah menyiapkan sejumlah bus untuk mengangkut penumpang dari Bandara Halim ke Bandara Soeta.

“Adapun yang kami upayakan untuk menanggulangi akibat dipindahnya sejumlah penerbangan  kami pindahkan calon penumpang dengan menyediakan Bus dari Bandara Halim Ke Bandara Soekarno Hatta.” Tambahnya. (mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral