Jokowi Pantau Pemberian Vaksin Tokoh Masyarakat Sidoarjo | tvOne

Senin, 22 Maret 2021 - 17:00 WIB

Sidoarjo, Jawa Timur - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Astrazeneca di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (22/3). Nantinya, vaksin Astrazeneca akan diberikan ke masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Pemberian vaksin Astrazeneca juga dilakukan di 19 titik di puskesmas di Sidoarjo secara serentak melalui sambungan virtual. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa vaksin Astrazeneca di pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

“Bertemu dengan MUI Jawa Timur dan juga bertemu dengan para kyai di Provinsi Jawa Timur mengenai vaksin Astrazeneca,” ungkap Jokowi dalam keterangan persnya.

Telah disampaikan bahwa Jawa Timur siap diberi vaksin Astrazeneca dan segera akan digunakan di berbagai pondok pesantren di Jawa Timur. Selain itu, Presiden juga menginstruksikan kepada Kementerian Kesehatan agar vaksin Astrazeneca segera didistribusikan di Jawa Timur dan beberapa provinsi lainnya.

Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan ke daerah untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Saya ingin memastikan antusias dari masyarakat besar dalam mengikuti vaksinasi ini, yang pertama. Yang kedua, saya ingin memastikan kesiapan baik dari kabupaten, rumah sakit, puskesmas yang ada," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pendopo Delta Wibawa, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

"Kita harapkan ke depan vaksinasi nasional semuanya ini berjalan baik dan lancar," katanya dalam kegiatan peninjauan yang disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden.

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi COVID-19 pada 181,5 juta orang atau sekitar 70 persen dari seluruh penduduk Indonesia guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap COVID-19. Hingga 21 Maret 2021, pemerintah sudah memvaksinasi 5,5 juta penduduk.

Dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Timur, selepas meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sidoarjo, Presiden akan menuju Kabupaten Pasuruan untuk meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan di Desa Sidepan Winongan, Kecamatan Winongan. Presiden selanjutnya dijadwalkan menuju Pendopo Kabupaten Jombang untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan bahwa vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca hukumnya halal, bisa digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi.

Saat menyampaikan sambutan pada acara vaksinasi massal yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sidoarjo, Senin, Hasan mengatakan bahwa MUI sudah mengeluarkan fatwa mengenai kehalalan produk vaksin tersebut.

"Kami berterima kasih kepada santri dan ustad terkait (rencana) pemberian vaksin AstraZeneca. Kami bersyukur," katanya dalam acara yang disiarkan langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Sidoarjo.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dia sudah bertemu dengan perwakilan MUI dan kiai untuk membahas rencana penggunaan vaksin AstraZeneca. Menurut Presiden, perwakilan MUI dan kiai menyampaikan kesiapan untuk memulai penggunaan vaksin AstraZeneca di lingkungan pondok pesantren di Jawa Timur. (adh)

 

Lihat juga: Seperti Indonesia, Jerman Juga Mencabut Penangguhan Penggunaan Vaksin Astrazeneca

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:52
04:19
02:01
06:13
08:31
Viral