Bikin Macet, Kapal Kontainer Raksasa Lumpuhkan Terusan Suez | tvOne Minute

Kamis, 25 Maret 2021 - 14:43 WIB

Terusan Suez – Kemacetan terjadi di sepanjang jalur perairan Terusan Suez setelah sebuah kapal cargo “raksasa” bernama EverGiven tersangkut akibat terdorong oleh kencangnya hembusan angin. Kapal pengangkut kontainer ini terjebak di dekat ujung selatan kanal pada Selasa (23/3).

Untuk mengevakuasi “Mega Ship” tersebut, sedikitnya Sepuluh kapal tunda berjuang pada Rabu sore (24/3) untuk membebaskan salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, MV Ever Given, setelah kandas dan menutup Terusan Suez selama lebih dari sehari, kata agen pelabuhan GAC.

GAC mengatakan informasi yang telah diterima sebelumnya yang mengklaim kapal itu sebagian diapungkan kembali, memungkinkan lalu lintas dilanjutkan di sepanjang rute pengiriman tercepat dari Eropa ke Asia, tidak akurat.

“Ini adalah salah satu wild card yang unik untuk industri minyak mentah,” kata Bob Yawger dari Mizuho di New York. "Setelah Anda mengira semuanya telah dipastikan, saya dapat menjamin satu hal: Anda tidak melakukannya."

Seperti yang dikutip  Reuters, akan dilakukan upaya untuk mengapung kembali Ever Given.

Jika kondisi ini tidak segera bisa di atasi dalam waktu 24 jam, maka tak sedikit dari perusahaan akan merutekan ulang kapal kargo mereka yang terjebak di Terusan Suez akibat insiden tersebut dengan memutari Afrika. Tentu saja hal ini akan membuat rute perjalanan akan semakin panjang.

Insiden ini juga membuat Harga minyak melonjak sekitar enam persen pada akhir perdagangan Rabu (24/3),  setelah sebuah kapal kandas di Terusan Suez, dan kekhawatiran bahwa insiden tersebut dapat menghambat pengiriman minyak mentah memberikan dorongan harga-harga lebih tinggi setelah penurunan selama seminggu terakhir.

Kandasnya Kapal Kargo Ever Given memiliki berat 220.000 ton dan panjang 400 meter ini, mengganggu sejumlah sektor pelayaran khususnya dalam pengiriman barang. Terusan Suez merupakan jalur pelayaran paling penting dunia dan rute laut tercepat yang menghubungkan benua Asia dan Eropa.

Atas insiden ini, setidaknya ada lebih dari 13 kapal kontainer yang berada sekitar Terusan Suez sementara dua kapal Kargo lainnya menunggu di Mediterania. (mii)

Lihat Juga: Obama Ingin Satu Grup Chat dengan Ratu Elizabeth II, Kenapa Ya? | tvOne Minute

 

 

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral