Kembali Dibuat Panik, Warga Makassar Temukan Benda Mirip Bom | tvOne

Rabu, 31 Maret 2021 - 17:57 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan – Sebuah paket mencurigakan bertuliskan “Islam X” membuat panik masyarakat sekitar Jalan Sungai Pareman I, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu, 31 Maret 2021. Paket kardus yang diletakkan di depan gerbang Lorong 1, RT 003, RW 003, Kelurahan Lariangbangi, Kecamatan Makassar, sekitar pukul 08.00 WITA.

Warga takut karena barang tersebut diletakkan dekat dengan lokasi bom bunuh diri Gereja Katedral, Makassar. Mereka langsung menghubungi polisi untuk mengamankan paket mencurigakan itu.

Tim Penjinak Bom, Gegana Brimob Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) kemudinan datang dan mengamankan paket dalam kardus kecil yang telah dilakban dan di atasnya bertuliskan Islam X.

"Sudah diamankan di lokasi, barang bukti sudah dibawa ke Markas Gegana Brimob Polda Sulsel," kata Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis saat dikonfirmasi, Rabu.

Selain mengamankan barang bukti tersebut, lokasi juga telah disterilkan, termasuk memasang garis polisi di depan lorong tempat paket itu ditemukan.

Paket tersebut ditemukan dalam kardus kecil dengan dilakban padat. Di atas kardus bertuliskan Islam X. Setelah tim gegana membuka paket tersebut hanya berisi puluhan bohlam lampu listrik bekas, bukan bom.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam mengungkapkan paket dalam kardus yang ditemukan di jalan Sungai Pareman I lorong 55, Kelurahan Lariangbangi, Kota Makassar, bukan bom.

"Itu bukan bom, itu bohlam bekas, lampu-lampu bekas yang ditaruh seolah-olah benda berbahaya dan ditulis kata-kata (Islam X) yang membuat takut masyarakat," ungkap Kapolda usai diskusi publik di hotel Mercure, Makassar, Rabu.

Menurut dia, dalam situasi seperti ini, tentu banyak pihak tertentu yang memanfaatkan situasi dengan membuat keresahan. Selain itu ada upaya meneror dengan menempatkan barang seolah-olah berbahaya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar bersatu, tidak perlu takut terhadap teror, karena negara hadir dalam hal ini Polri bersama TNI Polri dan unsur yang terkait selalu siap melakukan pengamanan.

"Terhadap pelaku-pelaku yang mencoba melakukan aksi ini, akan kita usut dan tindak tegas," tuturnya menegaskan.

Ia mengatakan, penempatan paket tersebut dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab. Dengan kejadian itu, kata dia, tidak boleh ada kegiatan yang terganggu apa pun juga akibat teror.

"Semua harus berjalan. Kita tentu Polri TNI dan seluruh stakeholder lainnya akan siap mengamankan. Kita pun mengajak seluruh stakeholder bersama-sama membangkitkan pengamanan di lingkungan sendiri," paparnya. (act/ant)

Lihat juga: TERORIS BERKEMBANG BIAK, DENSUS 88 TANGKAP SATU PERSATU

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral