Hujan Disertai Angin Terpa Jakarta, 15 Pohon Tumbang & Tiga Mobil Rusak | AKIP tvOne

Kamis, 15 April 2021 - 09:50 WIB

Jakarta – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda ibukota jakarta mengakibatkan  sejumlah pohon di kawasan Kebayoran Baru pada Rabu (14/4) tumbang. peristiwa tersebut diperkirakan terjadi pukul 14.30 WIB

Pohon jenis Angsana yang tumbang di jalan Pati Unus sempat menutup jalan dan mengganggu arus lalu lintas Blok M menuju Senayan. Selain menutup badan jalan, . Pohon berukuran besar itu pun menimpa mobil berwarna putih dengan nomor kendaraan B-2731-SIW.

Pohon tersebut tumbang mengenai bagian kaca depan sebelah kiri mobil tersebut. Akibatnya, kaca bagian depan mobil tersebut retak dan bagian kiri bodi mobil tersebut mengalami kerusakan.

Pohon tersebut tumbang pada saat hujan deras yang disertai angin kencang terjadi di wilayah kebayoran baru. Tidak ada korban dalam peristiwa ini, pasalnya pada saat kejadian arus lalu lintas di jalan tersebut sepi kendaraan.

Selain di Pati Unus, pohon tumbang juga terjadi di jalan Hangtuah Raya, Kebayoran baru. Akibat tertutupnya jalan, arus lalu lintas Senayan menuju Blok M,sempat dialihkan.

Untuk mengantisipasi tumbangnya pohon lain, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan menyiagakan sebanyak 14 tim khusus yang bertugas mengantisipasi pohon rawan tumbang karena faktor usia maupun dipicu hujan dan angin kencang.

"Ada tim toping di setiap kecamatan dan setiap hari memonitor pohon," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto di Jakarta, Senin.

Menurut dia, satu tim khusus itu terdiri dari delapan orang petugas yang akan memantau pohon rawan tumbang.

Pemantauan dilakukan dengan mencermati kemiringan pohon, pohon keropos atau pohon yang tumbuh terlalu tinggi.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan mencegah pohon tumbang yang bisa membahayakan masyarakat.

Bila tingkat keropos sudah mencapai sekitar 40 persen, maka petugas akan memangkas pohon tersebut.

Selama Maret 2021, sebanyak 2.262 pohon sudah dipangkas di 10 kecamatan di Jakarta Selatan.

Rinciannya, sebanyak 254 pohon pangkas ringan, kemudian 1.867 pohon pangkas sedang dan pohon dipangkas berat sebanyak 88 pohon dan 53 pohon ditebang.

Sebelumnya, pada Minggu (11/4) sejumlah pohon salah satunya di kawasan Kebayoran Lama tumbang akibat hujan deras dan angin kencang. Pohon tumbang bahkan menimpa satu unit mobil di Jalan Bintaro Raya.

Selain itu, pohon tumbang juga mengakibatkan terganggunya lalu lintas kereta commuter karena ada pohon yang melintang di jalur rel antara Stasiun Kebayoran-Stasiun Pondok Ranji tepatnya km 15+600 yang berada dekat TPU Tanah Kusir. (mii)

Lihat Juga: Hujan Deras Disertai Angin Dan Hujan Es Terjang Bekasi, Sejumlah Pohon Tumbang | AKIP tvOne

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral