Ambulans Antre di Depan Rumah Sakit Al-Ihsan, COVID-19 Melonjak?

Senin, 7 Juni 2021 - 17:43 WIB

Kabupaten Bandung, Jawa Barat - Beredar luas video di jagat media sosial yang menampilkan antrean ambulans di pelataran Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Al-Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang direkam oleh warga sekitar, kemarin malam (5/6). Banyaknya ambulans yang datang dalam satu waktu ini diduga lantaran terjadi lonjakan pasien viralnya video antrean ambulans tersebut, pihak Rumah Sakit Al-Ihsan pun membenarkan adanya antrean ambulans itu.

Diketahui, jika saat itu tak semua ambulans membawa pasien COVID-19 namun lonjakan jumlah pasien COVID-19 memang terjadi di Kabupaten tersebut memang benar tapi ambulans-ambulans yang datang ke Rumah Sakit Al-Ihsan pada saat itu bukan berisikan pasien-pasien COVID-19 saja,” jelas Ferry Achmad Firdaus selaku Wadir Medik Penunjang dan Keperawatan Rumah Sakit demikian, Ferry mengungkapkan jika selama dua minggu terakhir ini setiap malam Rumah Sakit Al-Ihsan kedatangan banyak pasien rujukan COVID-19.

Lebih lanjut, Ia mengaku kasus lonjakan COVID-19 itu disebabkan karena liburan lebaran ada benarnya dampak dari libur lebaran waktu itu sehingga kasus pandemi COVID-19 ini cukup meningkat signifikan,” ujarnya. Hingga saat ini pihak Rumah Sakit Al-Ihsan telah menyiapkan setidaknya 180 ruangan bagi pasien itu, berdasarkan laporan Endra Kusuma langsung dari Rumah Sakit Al-Ihsan menyampaikan jika saat ini Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami peningkatan kasus COVID-19 pasca libur lebaran.

“Hampir sekitar 31 kecamatan rata-rata memang telah mulai memperlihatkan peningkatan yang signifikan,” pun mengkonfirmasi jika pihak Rumah Sakit Al-Ihsan membenarkan adanya antrean ambulans, tetapi antrean tersebut tak hanya berasal dari pasien rujukan COVID-19, termasuk pasien demam berdarah dan tipes.

Menurutnya, hal itu terjadi karena Rumah Sakit Al-Ihsan menjadi salah satu rumah sakit rujukan terbesar di wilayah Bandung  hal itu membuat beberapa petugas rumah sakit cukup kewalahan dengan kondisi pasien yang mana tiap kecamatan membawa satu ambulans,” tutur, antrean panjang ambulans ini terjadi pasca lebaran dan hampir setiap malam terjadi di pelataran Rumah Sakit Al-Ihsan. Mengingat, saat ini daerah Kabupaten Bandung, Jawa Barat tengah mengalami musim pancaroba sehingga membuat sebagian warga mengalami sejumlah penyakit, seperti demam berdarah dan tipes. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral