Kondisi Terkini Pasca Kebakaran Tangki Pertamina di Cilacap

Sabtu, 12 Juni 2021 - 17:19 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Petugas pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman dan pendinginan pasca kebakaran yang terjadi di area pertangkian 39, Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, kemarin malam (11/6). Kepulan asap hitam pekat masih terlihat keluar dari tangki Pertamina yang terbakar.


Meski demikian, polisi kini tengah mengumpulkan data dari saksi mata dan pihak Pertamina untuk mengetahui penyebab kebakaran. Sementara Polres Cilacap telah berkoordinasi dengan laboratorium forensik Polda Jawa Tengah untuk penyelidikan lebih lanjut terkait kebakaran tangki Pertamina ini.


“Mengamankan parameter dan melakukan olah TKP itu yang menjadi fokus untuk saat ini. Kemudian dari TKP ke permukiman memiliki jarak yang cukup jauh dan yang terdekat adalah kawasan industri,” ujar Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi.


Lebih lanjut, Kapolres Cilacap menyampaikan jika pihaknya telah melakukan patroli atau penjagaan di sekitar parameter dan memberikan peringatan kepada para security yang berada di kawasan industri tersebut agar lebih menjauh dari titik terjadinya kebakaran tangki Pertamina.


“Untuk penyelidikan yang selanjutnya kita akan berkoordinasi mulai dari mengumpulkan saksi-saksi dan bukti yang ada. Nantinya apabila diperlukan kita akan meminta bantuan kepada lab forensik,” sambungnya.


Sementara itu, menurut laporan kontributor tvOne Iyan Sutrisna langsung dari Cilacap, Jawa Tengah bahwa kepulan asap hitam masih tampak akibat kebakaran tangki Pertamina yang berisi benzene sekitar pukul 19.45 WIB kemarin malam.


“Untuk saat ini aktivitas warga sudah mulai normal dan aktivitas dari pegawai Pertamina pun sudah ada mulai masuk kerja namun di sekitar area kebakaran tampak petugas pemadam kebakaran yang tengah melakukan pendinginan di beberapa tangki dekat dengan tangki yang terbakar,” jelas Iyan.


Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kebakaran susulan yang diakibatkan oleh panasnya tangki yang berada disekitar. Sedangkan jarak dari titik dimana tangki Pertamina terbakar ke permukiman warga pun cukup jauh berkisar 300 - 500 meter.  


Seperti yang diketahui, kebakaran tangki Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah ini bukan menjadi satu-satunya insiden. Pasalnya, beberapa waktu silam pernah terjadi kasus serupa bahkan dianggap memiliki tingkat kebakaran yang lebih besar dari kebakaran tangki Pertamina yang terjadi pada Jumat malam kemarin.


Kendati begitu, penyebab kebakaran tangki Pertamina sendiri masih akan terus dilakukan penyelidikan oleh polisi. “Kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari pihak kepolisian namun menurut informasi yang saya dapat bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran ini,” ungkap Iyan Sutrisna. (adh)


Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
Viral