Terjadi Lagi! Kisruh Pembayaran COD di Tangerang, Konsumen Ancam Memborgol Kurir

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:50 WIB

Tangerang, Banten - Terjadi lagi pembelian online dengan sistem cash on delivery (COD) berujung keributan. Diduga kesal lantaran paket pesanan bohlam CCTV berisi botol air mineral, seorang konsumen mengamuk dan mengancam akan memborgol kurir tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di daerah Jeruk Mekar Baru, Tangerang, Banten ini viral di jagat media sosial. Sang kurir yang bertugas mengantar paket dengan sistem pembayaran COD itu hanya bisa pasrah saat konsumen memarahinya dan mengancam akan memborgolnya.

Berulang kali kurir menjelaskan tentang sistem cash on delivery (COD), yang merupakan pembayaran saat paket diterima. Namun tetap saja konsumen memaksa kurir untuk mengembalikan uangnya senilai Rp 40 ribu. Diduga konsumen kesal karena dirinya membeli lampu tetapi yang dikirimkan si penjual ternyata air mineral kemasan.

Sementara itu, kepolisian setempat yang mengetahui insiden tersebut kemudian memfasilitasi pertemuan antara konsumen dengan kurir. “Dari musyawarah tersebut keduanya sepakat untuk damai dan tidak saling menuntut,” kata Kanit Reskrim Polsek Kronjo, Ipda Edi Riyadi.

Edi menambahkan jika dalam hal ini sang konsumen atau penerima barang menerima atas kesalahan tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Lebih lanjut, Ia menjelaskan kronologi terjadinya keributan ini.

“Untuk konsumen sendiri dia memesan barang lampu listrik namun setelah barang diterima dan dibuka ternyata yang diterima bukan lampu melainkan botol minuman,” paparnya.

Menyadari kesalahan tersebut, akhirnya konsumen meminta maaf kepada sang kurir. Keduanya sepakat untuk berdamai. 

“Permohonan maaf saya atas tindakan saya yang tidak terpuji karena memaki-maki kurir yang memang dia itu tidak bersalah,” ungkap Era Gustian selaku konsumen.

Era pun kembali menyampaikan permohonan maafnya kepada kurir atau ekspedisi JNE serta pihak yang berwajib atas tindakannya. “Sekali lagi dari pihak JNE juga dari pihak berwajib saya memohon maaf karena kekeliruan dan kesalahan saya yang tidak disengaja lantaran terbawa emosi,” pungkasnya.

Diketahui bersama dalam pembelian barang melalui sistem online ditawarkan berbagai sistem pembayaran termasuk sistem cash on delivery (COD). Seharusnya konsumen lebih cerdas dan bijak untuk lebih memahami sistem pembayaran COD ini sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral