Polres Metro Jakarta Pusat Gelar Vaksinasi Massal di Johar Baru

Kamis, 15 Juli 2021 - 14:05 WIB

Jakarta - Peluncuran 11 mobil vaksinasi keliling dilakukan pada hari ini (15/7) oleh Polres Metro Jakarta Pusat bersama Kodim 5051 Jakarta Pusat dengan sejumlah pengusaha. Sebanyak 11 mobil vaksinasi keliling tersebut akan disebar ke wilayah yang masuk dalam wilayah padat penduduk dengan target per mobil bisa memberikan vaksin kepada 250 orang per hari.

Vaksinasi keliling ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang berada di wilayah padat penduduk. Vaksinasi keliling ini juga merupakan salah satu bentuk langkah percepatan yang dilakukan agar seluruh warga terutama yang berada di wilayah zona merah atau padat penduduk bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Hengki Haryadi menjelaskan, sebelumnya sudah ada 4 mobil untuk vaksinasi keliling. Dengan adanya bantuan CSR dari para pengusaha, kini armada gerai vaksinasi keliling di Jakarta Pusat menjadi 15 armada.

"Kemarin sudah ada empat gerai vaksin keliling, kita sentuh langsung ke RT daerah 'slum area' atau perkampungan Jakarta yang padat, ternyata efektif, bahkan semakin meningkat dari hari ke hari dan tepat sasaran," kata Hengki di halaman Polres Jakarta Pusat, Kamis.

Hengki menjelaskan, setelah dilakukan analisis dan evaluasi, pelaksanaan gerai vaksinasi statis, seperti di Tanah Abang memang bisa menyasar tidak hanya warga DKI Jakarta, tetapi juga warga Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek). Namun wilayah RT dengan kategori zona merah dan zona oranye yang umumnya berada di perkampungan padat penduduk, justru tidak tersentuh vaksinasi. 

Hal itu karena berbagai kendala yang dihadapi warga, seperti tidak memahami cara pendaftaran vaksin secara daring karena membutuhkan aplikasi dan internet serta mereka harus mengeluarkan biaya angkutan untuk menuju gerai vaksin. Mobil vaksin keliling ini akan disebar ke delapan kecamatan se-Jakarta Pusat, terutama daerah padat penduduk, seperti Johar Baru, Kemayoran dan sebagian Menteng. 

"Dari masing-masing mobil ini kita targetkan 250, tapi seluruh Jakarta Pusat, baik yang statis yang masih berjalan di Polsek, mal dan Koramil, sehari kita harapkan lebih dari 3.000 yang bisa divaksin," kata Hengki. Rencananya vaksinasi keliling akan dilakukan selama 2 bulan hingga bulan Agustus 2021. Tenaga kesehatan yang dikerahkan dalam vaksinasi keliling ini berjumlah sekitar 90 orang. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral