Jokowi, Sandi, dan Anies Kompak Masing-masing Sumbangkan Hewan Kurban

Rabu, 21 Juli 2021 - 10:50 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo menyumbang 35 ekor sapi kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Sebanyak 35 ekor sapi tersebut akan dibagikan ke setiap provinsi yang ada di Indonesia dan ke Masjid Istiqlal di Ibukota.

Hewan kurban berupa sapi milik Jokowi yang akan disumbangkan ke Masjid Istiqlal ini  memiliki berat sebesar 1 ton 199 kilogram dan berjenis limousin cross yang berasal dari kawasan Pancoran. Sapi dari Presiden Jokowi diserahkan secara simbolis oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, yakni Sony Kartiko pada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Kyai Haji Asep Syaifuddin.

Sapi tersebut telah menjalani pemeriksaan oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sehat tanpa penyakit hewan menular stategis. Sapi itu merupakan satu dari 5 ekor hewan kurban dari Presiden Jokowi. Selain untuk Masjid Istiqlal, ada pula 1 ekor sapi untuk tiap provinsi.

Sementara itu, dalam Hari Raya Idul Adha tahun 2021 ini Sandiaga Uno berbagi 1.000 ekor hewan kurban ditengah tantangan pandemi Covid-19. Pemotongan dan pembagian hewan kurban dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. 

“Ini salah satu bentuk keprihatinan dan hari ini sangat strategis dari segi menginspirasi bagaimana kita saling berbagi, bergotong-royong, dan kita melihat sisi-sisi terbaik kemanusiaan,” ujar Sandiaga Uno.

Sandi pun menyikapi Idul Adha ini sebagai suatu sikap untuk meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. “Kita melihat sekeliling banyak saudara-saudara kita yang sedang menghadapi kesulitan dan kita berbagi untuk menghargai nilai-nilai luhur kebangsaan kita yaitu bergotong royong,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sandi mengungkapkan untuk mencegah terjadinya kerumunan saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini maka hewan kurban akan disembelih di rumah potong hewan kurban dengan protokol kesehatan ketat. “Saya mendoakan kebangkitan ekonomi terbukanya kembali peluang usaha, lapangan kerja,” paparnya.

Sandi kembali menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat tetap optimis dan semoga dengan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan PPKM darurat ini dapat diakhiri. Sehingga ekonomi Indonesia kembali bangkit dan pemerintah akan selalu memberikan bantuan-bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan. 

“Kita hadir dengan bantuan sosial dan Kemenparekraf sudah memulainya. Mudah-mudahan ini dapat menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk saling tolong-menolong,” pungkas Sandi.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban sapi jenis limousin seberat 1,1 ton ke rumah potong hewan Jakarta Timur. Anies meminta masyarakat memotong hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) untuk menghindari kerumunan saat pandemi Covid-19. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral