Pemkot Makassar Menggunakan Kapal KM Umsini Milik Pelni Untuk Isolasi Mandiri

Selasa, 27 Juli 2021 - 14:46 WIB

Makassar - Pemerintah Kota Makassar menyulap kapal Penumpang PELNI menjadi Kapal Apung untuk tempat isolasi mandiri lokal bagi warga Kota Makassar yang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.
 
Kapal PELNI KM Umsini saat ini berlabuh di terminal peti kemas, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan sejak Rabu (14/7) untuk persiapan. Tempat tidur pasien juga sudah dipasang dan diberi penyekat antara tempat tidur. Selama digunakan untuk isolasi, KM Umsini akan berlabuh di sekitar pulau Lae-Lae.

Pemerintah sudah mempersiapkan kesiapan tenaga medis dan juga fasilitas penunjang kesehatan untuk kelancaran perawatan pasien. Kini, Kapal Umsini sudah siap untuk digunakan untuk tempat isolasi mandiri. 

Menurut Direktur Utama Pelni (Persero), Insan Purwarisya L Tobing Insan, penggunaan KM Umsini untuk tempat isolasi mandiri diakibatkan oleh lonjakan kasus COVID-19 di Kota Makassar.

“Ini dilakukan menindaklanjuti permintaan Walikota Makassar untuk menggunakan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung skala kota melihat lonjakan kasus COVID-19 di Kota Makassar,” tutur Insan, seperti dikutip Antara (21/7).

KM Umsini dapat menampung pasien hingga 840 dan sekitar 60 tenaga kesehatan yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Makassar. Jumlah ini merupakan 50 persen dari kapasitas kapal sehingga sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu, petugas kesehatan yang berjaga dibagi tiga shift dan kru yang bertugas di atas kapal akan bertugas di atas kapal akan diganti atau rolling setiap dua minggu sekali. 

PELNI pun akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat tidur pasien, poliklinik, dan alat kedaruratan lainnya. Ada pula fasilitas jogging track bagi yang ingin tetap aktif berolahraga. PELNI juga akan memberikan akses menuju deck sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pasien sebagai tempat berjemur dan berolahraga.

Diharapkan pasien dapat merasa nyaman selama menjalankan masa isolasi mandiri di atas kapal sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

KM Umsini sendiri merupakan satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh PELNI dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayarannya.

KM Umsini berkapasitas 2000 pax dan selama PPKM Darurat berlangsung, kapal ini menjadi salah satu kapal yang bersandar sementara waktu akibat penutupan sejumlah wilayah.

Nantinya, sebelum digunakan kembali untuk melayani pelayaran reguler, PELNI memastikan kapal akan dibersihkan secara menyeluruh. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral