Polda Metro Jaya Serahkan Sitaan Tabung Oksigen Harga Selangit ke Anies

Selasa, 27 Juli 2021 - 15:48 WIB

Jakarta - Kapolda Metro Jaya menyerahkan tabung oksigen seberat hasil penangkapan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebanyak 138 barang bukti tabung oksigen tersebut akan didistribusikan ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di DKI Jakarta. 

Satreskrim Polres Jakarta Pusat berhasil menangkap importir nakal yang menjual tabung oksigen dengan harga dua kali lipat dari harga normal. Polisi menyita 161 tabung oksigen, sebanyak 138 diantaranya sudah dilakukan survei dan penelitian oleh Kementerian Kesehatan. 

Barang bukti berupa tabung oksigen ini telah dibayarkan oleh CSR salah satu perusahaan BUMN. Hingga kini pihak kepolisian masih melakukan kasus penyelundupan tabung oksigen yang diimpor dari China ini. Pihak kepolisian pun masih melakukan penindakan terhadap para pelaku yang melakukan impor ilegal maupun penyelundupan terhadap barang-barang kebutuhan masyarakat yang mendesak.

“Kami menyerahkan sebanyak 138 tabung oksigen dari berbagai ukuran. Kita juga mengirimkan pesan kepada mereka-mereka yang berusaha dan tetap bermain ditengah situasi pandemi ini maka akan kami tindak,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran disela-sela kegiatannya saat penyerahan barang bukti tabung oksigen, Selasa (27/7).

Irjen Pol. Fadil Imran menegaskan jika pihaknya akan tegas tanpa pandang bulu terhadap oknum-oknum yang menyalahgunakan wewenangnya dalam proses importasi dan distribusi. Pihaknya akan menindak hukum oknum-oknum yang melakukan hal tersebut.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat termasuk didalamnya Satgas Polda Metro Jaya terus bekerja mengawal ketersediaan obat, distribusi obat, hingga penjualan obat yang ada di apotek agar semuanya bisa berjalan dengan lancar,” sambungnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menyalurkan 138 tabung oksigen dari hasil sitaan barang bukti kasus importasi dengan modus memalsukan jenis barang yang diungkap oleh Polres Metro Jakarta Pusat ke sejumlah Puskesmas di Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan bahwa ratusan tabung oksigen tersebut akan dimanfaatkan di tempat fasilitas kesehatan yang memiliki instalasi oksigen non permanen, seperti di Puskesmas.

Menurut dia, sebagian besar rumah sakit di Jakarta sudah menggunakan tabung oksigen dengan instalasi permanen. Selain itu, tabung oksigen hasil barang bukti sitaan tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun, penggunaannya akan tetap dikendalikan dari Puskesmas dan tenaga kesehatan setempat. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral