Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal Nasional di Kampus UI Depok

Jumat, 13 Agustus 2021 - 10:57 WIB

Depok, Jawa Barat - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau Sentra Vaksin Mahasiswa Indonesia di lingkungan Universitas Indonesia (UI) Kota Depok, pada Kamis (12/8) siang. Kapolri mengingatkan jika Kota Depok termasuk dalam PKKM level 4 dan butuh kerjasama serta disiplin yang tinggi agar kondisinya segera membaik.

Gerakan vaksinasi massal terus digerakkan sesuai dengan target Presiden Joko Widodo yang menetapkan program 1 juta dosis vaksin setiap hari di seluruh Indonesia. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pun memantau langsung vaksinasi massal di Gedung Sarana Olahraga kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. 

Vaksinasi massal ini diikuti oleh ribuan peserta dari remaja hingga usia lanjut. Disela-sela kegiatannya dalam meninjau vaksinasi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jika Kota Depok masih masuk dalam PPKM level 4.

“Kemudian bagaimana upaya kita untuk bisa mengambil langkah-langkah dalam mencegah laju dan juga upaya mengobati atau menyembuhkan dan meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap Covid-19,” ujar Listyo.

Ia pun menyebut bahwa beberapa program telah dilaksanakan untuk menekan angka laju penyebaran Covid-19. “Pada waktu itu kita sudah menerapkan PSBB, kemudian PPKM dan dilanjut dengan PPKM Darurat dan saat ini kita masuk dalam PPKM level 4,” katanya.

Hal itu semuanya dilakukan semata-mata untuk mengembalikan situasi yang saat ini terpantau masih cukup tinggi angka penularan Covid-19. Karena hal tersebut, pemerintah pun telah mengambil langkah-langkah untuk pembatasan terhadap mobilitas para warga.

“Namun disatu sisi juga terkait dengan sektor-sektor ekonomi juga harus kita perhatikan  dengan mengatur adanya kelonggaran-kelonggaran yang ada di dalam PPKM level-level ini,” jelasnya. Selain meninjau vaksinasi massal, Kapolri juga memberikan sembako bagi warga yang melakukan vaksinasi massal. 

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyebutkan Jakarta telah mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) berdasarkan rujukan 70 persen warga telah divaksin yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol  Yusri mengatakan Program Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya juga berhasil mendorong Jakarta menjadi provinsi dengan angka vaksinasi tertinggi di Indonesia.

Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan di masyarakat 100 persen di Ibu Kota. Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berlangsung pada 1-17 Agustus 2021 dalam rangka menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral