Catat Sejarah, Raja Malaysia Lantik Ismail Sabri Yaakob

Senin, 23 Agustus 2021 - 10:44 WIB

Kuala Lumpur, Malaysia - Ismail Sabri Yaakob resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia oleh Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah. Dengan dilantiknya Ismail, maka partai raksasa "Negeri Jiran", Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) kembali ke kekuasaan. 

UMNO adalah partai veteran yang memerintah Malaysia lebih dari 60 tahun, sebelum dijungkalkan Mahathir Mohamad di 2018. Ismail menjadi PM Malaysia menggantikan Muhyiddin Yassin, yang mundur setelah pemerintahannya berlangsung selama 17 bulan. Sultan Abdullah memilih PM berdasarkan dukungan mayoritas tanpa pemilihan di tengah wabah Covid-19 yang masih merajalela.
 
Seperti yang diketahui, Malaysia mencatatkan sejarah dengan berganti pemimpin sebanyak 3 kali dalam 3 tahun terakhir. Perdana Menteri baru, Ismail Sabri Yaakob menggantikan Muhyiddin  Yassin yang mundur karena kritik soal penanganan pandemi Covid-19.
 
Malaysia pun melantik Perdana Menterinya yang ke-9 di Istana Negara Kuala Lumpur, kemarin (22/8) siang. Raja Malaysia Sultan Abdullah telah menunjuk Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri yang baru. Didepan raja dan disaksikan oleh mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dan Najib Razak serta pimpinan koalisi partai politik, Ismail Sabri Yaakob mengucapkan sumpah jabatan. 
 
“Setelah dilantik sebagai Perdana Menteri dengan sesungguhnya saya bersumpah bahwa saya akan dengan jujur menunaikan kewajiban-kewajiban jabatan itu dengan segala daya upaya saya. Saya akan menumpahkan segalanya untuk Malaysia dan akan memelihara, melindungi, dan mempertahankan martabatnya,” ucap Ismail saat mengucap sumpah jabatan di depan Raja Malaysia.
 
Ismail Sabri Yaakob resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-9. Pria berusia 61 tahun ini telah mendapatkan dukungan sebanyak 114 anggota parlemen yang merupakan mayoritas. Ismail menggantikan Muhyiddin setelah masa jabatan tersingkat di Negeri Jiran, yaitu 17 bulan. Muhyiddin mundur ditengah derasnya kritik terkait penanganan Covid-19 di Malaysia. 
 
Pada masa pemerintahan Muhyiddin, Ismail Sabri Yaakob adalah seorang Wakil Perdana Menteri. Sebelum itu, Ismail sempat menjabat sebagai Menteri Senior Bidang Keamanan yang rutin tampil di media massa menyampaikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19. Ismail juga diketahui merupakan Wakil Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UNMO). (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral