Sejumlah Instansi Bantu Percepatan Vaksinasi Massal Di Daerah

Kamis, 26 Agustus 2021 - 17:31 WIB

Yogyakarta - Ribuan masyarakat di Gunungkidul dan Kulonprogo mendapatkan vaksinasi yang digelar TNI Angkatan Udara.

Sementara itu ratusan sopir angkutan umum dan pengemudi ojek di Manado juga mendapatkan vaksinasi.

TNI Angkatan Udara Yogyakarta menggelar serbuan vaksin untuk 20.000 masyarakat di Gunungkidul dan Kulon Progo.

Vaksinasi dipusatkan di Landasan Udara Gading Playen Gunungkidul. Keseluruhan vaksin yang digunakan kali ini adalah Sinovac dengan sasaran masyarakat umum, pelajar, lansia, hingga ibu menyusui.

“Sesuai dengan perintah pimpinan Panglima TNI kepada Kasau. Kami melaksanakan perintah Kasau untuk laksanakan serbuan vaksinasi, khususnya di salah satu lokasi sekarang ini ada di Lapangan terbang, Gading Kabupaten Gunung Kidul dan satu lagi bersamaan kita laksanakan di Bandara Yogyakarta International Airport, Kabupaten Kulon Progo,” tutur Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI M. Yani Amirullah.

Sementara itu, sebanyak 550 narapidana di Lhokseumawe kembali menjalani vaksin ke-2, setelah 52 orang narapidana sebelumnya gagal divaksin.

Kepala Lapas kelas II A Lhokseumawe, Nawawi, mengatakan dengan vaksinasi ini diharapkan bisa memutus penyebaran Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Saat ini, situasi penyebaran Covid-19 di kota Lhokseumawe kembali meningkat, berada di level oranye. 

“Hari ini tahap kedua kita akan vaksin sebanyak 595 orang. Memang hari ini ada 607, namun ada 12 orang yang diditipkan di Mapolres,” tutur Nawawi.

Di Manado, vaksinasi Covid-19 diberikan juga  kepada 200 awak transportasi seperti sopir angkutan umum dan pengemudi ojek.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut dilakukan di Mapolresta Manado, Sulawesi Utara. 

Tujuan diberikannya vaksinasi kepada awak transportasi umum karena mobilitas mereka tinggi dan bersentuhan dengan berbagai kalangan, sehingga sangat riskan tertular Covid-19.

“Hari ini dilaksanakan 200 vaksin, dan ada yang vaksin yang pertama yang kedua dan diberikan khususnya kepada sopir angkutan. Sopir angkot, ojek diberikan vaksinasi karena beliau-beliau itu adalah pelaku mobilitas di jalan yang paling riskan,” tutur Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono. 

Ratusan warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Polres Bojonegoro, Jawa Timur. Untuk menghindari kerumunan, warga yang akan mengikuti vaksinasi diwajibkan mendaftar secara online.

Dalam kegiatan ini petugas kepolisian juga memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang mengikuti vaksinasi.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral