Pasca-Penyerangan Pos Militer Oleh Orang Tak Dikenal

Jumat, 3 September 2021 - 10:09 WIB

Papua Barat, Papua - Sebuah Pos Koramil Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat diserang orang tidak dikenal pada Kamis (2/9).

Penyerangan ini menyebabkan 4 orang prajurit TNI gugur, 2 orang mengalami luka berat, dan 5 orang selamat.

“Anggota kami 4 orang gugur, kemudian 2 orang luka bacok, dan lima orang dalam keadaan aman dan selamat,” tutur Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Arm Hendra Pasireron.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 03.00 WITA. Pasca penyerangan ini, TNI mengirimkan 25 anggota Kodim Koramil Ayamaru bersenjata lengkap.

Menurut Kapendam XVIII Kasuari, Letkol (Arm) Hendra Pasireron, kronologi kejadian diwali  sekitar pukul 04.00 WITA dini hari kurang lebih sekitar 30 orang tiba-tiba menyerang Pos Koramil.

Sebagian besar prajurit sedang melaksanakan istirahat, hanya ada kurang lebih sekitar 3 orang prajurit yang sedang piket. Ketiga orang ini lah yang mendapatkan serangan pertama.

Kemudian, karena ketiga orang prajurit tersebut berteriak, maka prajurit yang lain berusaha menyelamatkan diri.

Meskipun secara visual keadaan pada saat itu sangat gelap, namun diduga orang tidak dikenal yang menyerang Pos Militer sekitar 30-50 orang.

Saat ini, Panglima telah memerintahkan untuk menurunkan tim investigasi secara mendalam untuk mengetahui orang tidak dikenal yang melakukan penyerangan..

Sampai saat ini, identifikasi yang baru dapat diketahui adalah penyerangan dilakukan dengan senjata tajam.

Informasi yang didapatkan, menurut Hendra, diduga sekelompok orang yang melakukan penyerangan ini adalah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang juga diduga dari luar Kabupaten Maybrat.

Keempat prajurit yang diserang tersebut diserang di pos penjagaan piket dan di dalam Pos Koramil.

Mereka yang gugur adalah Mereka adalah Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Lettu Chb Dirman.

Adapun dua personel lainnya mengalami luka berat, yaitu Sertu Juliano dan Pratu Ikbal. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral