Sepak Terjang Ali Kalora Bergabung dengan Mujahidin Indonesia Timur

Senin, 20 September 2021 - 10:18 WIB

Poso, Sulawesi Tengah - Teroris Ali kalora mulai menjadi pemimpin setelah Ketua Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso alias Abu Wardah tewas dalam penyergapan aparat keamanan pada 2016 silam. Ali Kalora dan kelompoknya beraksi di daerah Poso, Sulawesi Tengah dan kerap menyerang aparat. 

Ali Kalora bergabung dengan Mujahidin Indonesia Timur (MTI) pada tahun 2011 lalu kala itu Ali kalora bergabung bersama istrinya namun sang istri yang bernama Umi Fadel pada tahun 2016 silam telah ditangkap terlebih dahulu oleh petugas keamanan. Ali Kalora mulai menjadi pemimpin setelah ketua Mujahidin Indonesia Timur (MTI) Santoso alias Abu Wardah tewas dalam penyergapan aparat keamanan 2016 silam. 

Daerah kekuasaan Ali Kalora berada di sekitar pegunungan wilayah Kabupaten Poso hingga Kabupaten Parigi Moutong. Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MTI) saat kepemimpinan Santoso pada beberapa tahun silam juga sering melakukan teror aksi teror yang pernah dilakukan kelompok Santoso, antaranya terlibat penembakan terhadap anggota kepolisian di Palu pada tahun 2011 hingga menyebabkan dua polisi tewas. 

Selain itu Santoso CS juga melakukan peledakan bom di sejumlah wilayah Poso dan pernah divonis empat tahun penjara di Pengadilan Negeri Palu atas kasus kepemilikan senjata api dan percobaan pembunuhan pada tahun 2003 ini menjadi buruan polisi.  

Operasi bersandi tinombala digelar pemerintah untuk membasmi kelompok radikal pimpinan Abu Wardah alias Santoso pada Januari 2016 koperasi gabungan militer dan Polri ini melibatkan 3000 personel dengan persenjataan lengkap dan kesiapan tingkat tinggi sebelum tewas. Santoso mulai bersembunyi bersama para pengikutnya sejak tahun 2012 kawasan hutan Gunung Biru, Poso Sulawesi Tengah diduga menjadi area pelarian Santoso dan kawan-kawannya selama bertahun-tahun. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral