Kapal China di Laut Natuna, Perlukah Diberi Efek Jera?

Senin, 20 September 2021 - 14:26 WIB

Natuna - Jumlah kapal berbendera China kembali marak terlihat melintasi perairan Natuna. Namun kali ini ada yang berbeda karena yang terlihat merupakan formasi lengkap termasuk kapal induk. Pemerintah diminta tetap waspada akan adanya provokasi dan diminta untuk menambah jumlah armada patroli laut serta pos pemantauan.

Keberadaan sejumlah kapal perang dan coast guard berbendera China terekam kamera amatir nelayan saat tengah mencari ikan di sekitar perairan Natuna Utara beberapa waktu lalu.

Disebutkan sedikitnya ada enam kapal China termasuk jenis kapal induk yang lalu-lalang di kawasan perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) tersebut menemukan disini membuat para nelayan khawatir dan takut meskipun tidak bisa mencari ikan di lokasi biasanya.

Ketua aliansi nelayan Natuna menyebutkan kemunculan armada kapal induk China di perairan Utara baru pertama kali mereka temui.

“Pada tanggal 13 September 202, nelayan Natuna melihat formasi yang cukup ramai,ada 6 kapal perang. Satu jenis mungkin kapal induk, tiga kapal perang, kemudian ada dua coast guard dalam formasi yang sedang berlayar, juga ada helikopter. Ini mungkin sedikit agak berbeda dari yang biasa kita temui. Dan juga sering kita sampaikan dan kita laporkan sebagai berbagai pihak,” tutur Hendri, Ketua Aliansi Nelayan Natuna.

 Institute for security and strategic studies menilai keberadaan Kapal asing asal China di perairan Natuna Utara Tak bisa terhindarkan, karena kawasan itu merupakan kawasan zona ekonomi eksklusif (ZEE) sehingga meski Indonesia memiliki hak pengelolaan namun tidak masuk dalam teritorial Indonesia.

Pemerintah diminta tetap waspada akan adanya provokasi dan menambah jumlah armada patroli laut dan pos pemantauan.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral