151 Siswa di Purbalingga Reaktif, Ini Pesan Kemendikbudristek

Rabu, 22 September 2021 - 14:45 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - 151 Siswa di dua SMP Negeri Kecamatan Brebet, Purbalingga, Jawa Tengah dinyatakan reaktif dari hasil tes antigen. Kondisi ini membuat kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas untuk jenjang SD dan SMP ditunda.
99 siswa dan siswi SMPN 4 Desa Brebet, Purbalingga dikumpulkan oleh tim Satgas Covid-19 kabupaten. Mereka dinyatakan reaktif tes antigen yang dilakukan sebelum uji coba sekolah tatap muka. Masih di kecamatan yang sama, terdapat tambahan kasus reaktif Covid-19 siswa sebanyak 61 siswa di SMP 3 Brebet.
Siswa dan siswi ini langsung di karantina di lingkungan sekolah SMPN 4 agar memudahkan pengawasan.Tim medis disiapkan untuk mengawasi para siswa selama menjalani karantina. Sejauh ini tak ada siswa yang menunjukkan gejala dan sebagian besar sudah divaksin. Namun kasus ini membuat orangtua siswa khawatir.
"Ya gimana di rumah saya kan ada balita, ada lansia. Ya saya setuju diisolasi ini (anaknya)," tutur Kustiyah kepada tvonenews.com.
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan kepada warga terutama orangtua agar tidak cemas. Pihaknya menugaskan tim medis untuk memberikan perhatian dan pengawasan penuh terhadap anak-anak mereka. Ia pun meminta kepada orangtua untuk tidak mengunjungi anak-anak tersebut sampai masa isolasi mandiri selesai. 
Menanggapi dugaan klaster pendidikan itu, Jumeri selaku Dirjen PAUD-Dikdasmen Kemendikbudristek mengatakan untuk sementara uji coba pembelajaran tatap muka di semua sekolah dan semua tingkatan di Kabupaten Purbalingga pun dihentikan.(afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:09
02:08
26:44
05:12
04:55
03:10
Viral