Polemik Kapal Asing di Natuna, KSAL Klaim Kapal Perang Hanya Melintas

Kamis, 23 September 2021 - 13:48 WIB

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono membantah ada kapal perang China yang selalu bersiaga di Laut Natuna. Kasal mengatakan kapal perang China tersebut hanya melintas saja karena Laut Natuna merupakan jalur lalu lintas kapal-kapal.
Beberapa hari belakangan ini beredar video dengan narasi banyaknya kapal perang di Laut Natuna yang direkam oleh nelayan Indonesia, Kepala Staf Angkatan Laut laksamana Yudo Margono membantah hal tersebut. 
Pihaknya langsung memerintahkan Pangarmabar I untuk melakukan patroli dan hasilnya tidak ditemukan adanya kapal perang atau ribuan kapal ikan yang mencuri di Laut Natuna. Kasal menyebut pihaknya juga melakukan penyelidikan terkait video keberadaan kapal perang China di Laut Natuna yang direkam oleh nelayan Indonesia. 
TNI Angkatan Laut hanya menemukan fakta dilapangan bahwa kapal perang China tersebut hanya melintas saja. Hal ini dikarenakan Laut Natuna merupakan jalur lintasan baik kapal kargo maupun kapal tanker dan kapal ikan serta kapal perang yang akan menuju Selat Singapura dan Selat Malaka. 
“Dengan adanya isu kemarin saya langsung perintahkan Panglima Armada I untuk langsung terbang ke sana,” ungkap Laksamana Yudo. Kasal pun menegaskan TNI Angkatan Laut selalu menyiagakan empat KRI di Laut Natuna guna menjaga kedaulatan NKRI. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral