Kesulitan Ekonomi, Purnawirawan Polisi Terpaksa Menjadi Manusia Silver

Senin, 27 September 2021 - 12:25 WIB

Jakarta - Kegiatan razia penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu pekan lalu menjadi buah bibir. Saat petugas Satpol PP menjaring seorang manusia silver ternyata orang itu merupakan seorang purnawirawan polisi.
Penangkapan manusia silver kali ini mengubah kisah biasa yang terdengar saat razia Pekat atau penyakit masyarakat. Saat petugas Satpol PP kota Semarang memeriksa identitas si manusia silver mereka terkejut bahwa yang bersangkutan ternyata adalah seorang purnawirawan polisi. Agus Dartono (61) itu lalu diminta pulang oleh petugas Satpol PP.
Kisah memilukan ini pun terdengar hingga Polrestabes Semarang. Agus mengatakan ia menjadi manusia silver kena sedang butuh biaya padahal ia sudah tak punya pekerjaan lagi. Ia pun mengaku malu karena penangkapan itu mengungkap identitasnya.
"Saya merasa malu kepada Korps Kepolisian Republik Indonesia terutama Bapak Kapolda maupun Bapak Kapoltabes. Atas kesalahan saya, saya mohon maaf. Kalau bisa saya enggak ngulang lagi," ujar Agus saat diwawancarai.
Ia pun dijanjikan pihak yang berwenang untuk menerima pekerjaan sebagai petugas keamanan agar tak perlu lagi menjadi manusia silver.
Atas peristiwa tersebut Polrestabes Semarang mengatakan Agus tak pernah menceritakan suka termasuk dukanya setelah menjadi pensiunan polisi. Karena itu tak ada yang tahu jika saat ini Agus sedang membutuhkan biaya. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral