Serbia-Kosovo Memanas, Militer Kerahkan Tank Lapis Baja

Rabu, 29 September 2021 - 09:26 WIB

Jakarta - Serbia mengerahkan personel militer yang dilengkapi tank lapis baja ke perbatasan Serbia-Kosovo seiring meningkatnya ketegangan kedua negara. Hubungan kedua negara memanas usai Kosovo, negara yang memerdekakan diri dari Serbia mewajibkan kendaraan yang melintasi perbatasan dari Serbia mengganti plat nomor kendaraannya dengan menggunakan plat nomor kendaraan sementara Kosovo.
Presiden Serbia Aleksandar Vucic menganggap kewajiban penggantian plat nomor kendaraan oleh Kosovo sebagai aksi kriminal. Sementara itu Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti menuduh pemerintah Serbia memprovokasi ketegangan setelah dua granat tangan dilemparkan ke sebuah kantor publik di Kosovo meskipun tidak meledak.
Sementara itu pasukan perdamaian NATO di perbatasan kedua negara untuk memastikan tetap terjaganya stabilitas keamanan di wilayah Balkan tersebut. Uni Eropa, NATO, dan Amerika Serikat telah mendesak kedua negara menahan diri agar tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu perselisihan lebih lanjut. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral