[FULL] Komunis Bangkit Kembali? | Catatan Demokrasi tvOne

Rabu, 29 September 2021 - 10:36 WIB

Jakarta - Seperti tak jemu-jemu, penghujung bulan September selalu dikaitkan dengan kejadian yang terjadi 56 tahun silam. Sejarah berdarah yang begitu kelam untuk bangsa ini harusnya sudah diselesaikan ketika berbicara mengenai G30S. 
Namun isu ini kembali menguar setelah purnawirawan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan TNI kini telah berhasil disusupi PKI yang sebenarnya telah tumpas berpuluh tahun silam. Ia menyatakan hal tersebut berdasarkan fakta diorama yang terletak di Museum Dharma Bhakti Kostrad Jakarta dibongkar.
Diorama yang sedang diperbincangkan ini mengabadikan penumpasan G30S-PKI di Museum Dharma Bhakti Kostrad Jakarta. Adegan dalam diorama tersebut menggambarkan Mayjen purnawirawan Sarwo Edhie, kemudian Soeharto, dan juga Jenderal AH Nasution.
Gatot mengatakan, pembongkaran patung ini merupakan aksi keji neo-PKI yang hendak menghapus sejarah. Ia juga sempat menjelaskan, peristiwa ini merupakan tanda-tanda bangkitnya PKI dari dalam kubur.
Namun tudingan Gatot itu ditampik keras oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Letjen TNI mengatakan Dudung Abdurachman mengatakan tuduhan Gatot tadi terhadap TNI AD sangatlah keji.
Ia menjelaskan, ide pembongkaran bukanlah ide dari Kostrad melainkan dari Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution. Azmyn sendiri merupakan orang yang dahulu menggagas pembuatan patung tersebut kala ia menjabat sebagai Pangkostrad periode 2011-2012. Namun belakangan, Azmyn meminta patung tersebut dibongkar lagi karena bertentangan dengan keyakinan agamanya. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
05:50
Viral