Asik! Fitur PeduliLindungi Bisa Diakses di Aplikasi Lain

Rabu, 29 September 2021 - 16:05 WIB

Jakarta - Kesulitan mengunduh aplikasi PeduliLindungi karena memori di ponsel pintarnya penuh, acap kali dialami oleh sebagian masyarakat. Namun pada Oktober mendatang Kementerian Kesehatan akan menjadikan fitur pada aplikasi PeduliLindungi bisa diakses di aplikasi lain.
Setiaji mengatakan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan platform-platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, bahkan ada juga aplikasi dari Pemerintah Jakarta yaitu Jaki. Jadi masyarakat tidak harus menggunakan PeduliLindungi tetapi bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi pada aplikasi tersebut.
"Sebenarnya kami pemerintah ingin memperluas penggunaan PeduliLindungi. Nah bagaimana caranya yaitu tadi ada kita kerjasama dengan beberapa aplikasi platform digital online ya seperti tadi ojol, kemudian juga e-money, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat yang sudah memiliki aplikasi tersebut tanpa menggunakan PeduliLindung tetap bisa kita tracing. Jadi semua prosesnya sama, pada waktu masuk gedung, terus kemudian ke bandara dan sebagainya, tetap melakukan proses skrining," ujar Kepala Transformasi Digital Kemenkes ini.
Terkait keamanan data, Setiaji mengatakan pihaknya memastikan fitur dan proses yang dibangun di aplikasi lain ini tidak akan membuat informasi pribadi milik masyarakat bocor. Ia menegaskan data NIK yang diserahkan tak berbeda dengan proses check in di bandara yakni hanya untuk memastikan bahwa data-data yang tercantum pada aplikasi sesuai dengan orang yang menunjukkan data tersebut di ruang publik. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral