Ada Wacana Remake Film G30S/PKI, Faldo: Ini Akan Membutuhkan Keterlibatan Banyak Pihak

Jumat, 1 Oktober 2021 - 10:39 WIB

Jakarta - Sempat tersiar kabar bahwa presiden sempat ingin mengemas ulang film G30S/PKI agar lebih "kekinian". Faldo Maldini mengungkapkan wacana tersebut sempat disambut oleh beberapa sineas tanah air bahkan sudah memasuki tahap riset.
"Waktu itu di tahun 2019 kalau kami tidak salah. Tentu pemerintah akan memfasilitasi disini namun pembuatan film ini perlu keterlibatan banyak pihak. Kami juga prosesnya tersendat karena pandemi. Kan sekarang tentunya lebih menantang ya kita untuk membuat film gitu ya," sebut staf khusus Mensesneg ini kepada tvOne.
Perlu diketahui, untuk membuat sebuah film memang selalu melewati tahap riset terlebih dahulu. Terkait film sejarah, riset yang dilakukan cukup sulit karena banyaknya saksi dan pelaku sejarah yang sudah meninggal dunia.
Namun ia menambahkan, yang jauh lebih penting adalah anak muda seharusnya memiliki minat dan kemampuan membaca buku karena dengan begitu anak muda akan semakin terbuka pikirannya.
"Karena akses belajar kita semakin terbuka kan. Senang berdebat, senang berdialektika. Film ini tentu menjadi salah satu referensi tentunya. Apalagi sudah punya sejarah panjang banyak pula tadi penghargaan yang disampaikan Kang Asep sejarawan pasti juga banyak referensinya," ucap Faldi. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral