Akankah Situs Kumitir Jadi Kunci Terungkapnya Lokasi Istana Kota Raja Majapahit?

Senin, 4 Oktober 2021 - 09:06 WIB

Mojokerto, Jawa Timur - Misteri dimana lokasi Istana Kota Raja Majapahit mulai terkuak. Pasalnya para ahli telah menemukan situs Kumitir yang bisa mengungkap lokasi Istana Kota Raja Majapahit.
Ketua tim ekskavasi situs Kumitir dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terus berupaya mengungkap misteri lokasi Kotaraja Majapahit. Pasalnya selama puluhan tahun belum satupun ditemukan bukti arkeologi istana Majapahit.
Menyusul temuan situs Kumitir, diharapkan menjadi kunci untuk mengungkapnya. Selama ini para ahli sebatas meyakini Kotaraja Majapahit atau Wilwatikta Pura berada di Trowulan.
"Bila demikian maka sesuai dengan peta rekonstruksi itu ada istana Hayam Wuruk yang berada disisi Barat dari istana Bhre Wengker dan Rani Daha yang berada di Timur. Kemudian kita mendapatkan gambaran bahwa pada Kotaraja Majapahit atau Wilwatikta Pura ternyata ada dua istana, istana barat dan istana timur. Kenapa bisa demikian, karena Tribhuwanatunggadewi ketika menjadi raja dia mempunyai adik perempuan juga yang haknya sama gitu ya. Dibuatkan juga istana yaitu istana timur yang kita duga di situs Kumitir ini," ungkap arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral