Ahli Ekotoksikologi Sebut Kemungkinan Asal Muasal Parasetamol di Teluk Jakarta

Selasa, 5 Oktober 2021 - 15:01 WIB

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui dinas lingkungan hidup masih meneliti temuan parasetamol dengan konsentrasi yang cukup tinggi di Kawasan Teluk Jakarta. Parasetamol berkonsentrasi tinggi tersebut kemungkinan berasal dari oknum yang membuang obat kadaluwarsa atau perusahaan yang melakukan pembuangan obat.
Hal tersebut diduga menjadi penyebab teluk Jakarta terkontaminasi parasetamol dengan konsentrasi yang cukup tinggi, tetapi hingga kini masih terus didalami. Menurut Ahli Ekotoksikologi IPB University, Etty Riani mengatakan ada beberapa kemungkinan yang bisa memicu hal tersebut. 
“Ada kemungkinan masyarakat yang sudah membeli dan tidak menggunakan parasetamol tersebut dan kemudian dibuang,” ungkap Etty.
Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa sudah ada satu penelitian yang mengatakan hanya lima persen kemungkinan parasetamol untuk masuk ke dalam laut. “Ada oknum yang memang mereka membuang sembarangan,” katanya. 
Kendati demikian, dijelaskan jika air yang tercemar parasetamol seharusnya tidak akan mengganggu ikan atau karang berukuran besar. Namun, parasetamol dapat mengganggu mikroorganisme laut yang mengurai bahan organik. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral