Siapakah Sosok Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi? DPR Ungkap Hal Ini

Rabu, 6 Oktober 2021 - 13:49 WIB

Jakarta - Momen peringatan HUT ke-76 TNI, bursa calon Panglima TNI kembali jadi sorotan. Masa pensiun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto semakin dekat.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan segera memasuki masa pensiun pada bulan November mendatang. Untuk mengangkat Panglima, presiden mengusulkan satu calon kepada DPR untuk mendapat persetujuan dewan. Namun hingga kini siapa sosok calon pengganti Panglima belum diserahkan ke Senayan. 
"Dengan sebentar lagi habisnya masa bakti Panglima TNI Pak Hadi, kami tentu berharap agar pemerintah bisa segera mengirim nama untuk menentukan siapa penggantinya beliau. Walaupun waktu sudah mepet dan sebentar lagi DPR akan segera memasuki masa reses, itu tidak menjadi masalah karena dapat segera dibahas di masa sidang yang berikutnya dan waktunya pun juga masih cukup untuk memproses surat tersebut," papar Dave Laksono, anggota Komisi I DPR RI.
Siapapun nama yang akan diajukan untuk menjadi Panglima berikutnya memang merupakan hak presiden. Namun Dave yakin, pilihan presiden sudah pasti merupakan prajurit terbaik dari lembaga TNI yang dapat meneruskan kebijakan reformasi di tubuh TNI dan menyempurnakan doktrin-doktrin TNI agar berkembang sesuai zaman dan tantangan.
Menurut undang-undang tentang TNI, posisi Panglima TNI dapat dijabat bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat kepala staf. Saat ini ada tiga calon dari masing-masing angkatan yaitu Kasad Jenderal Andika Perkasa, Kasal Laksamana Yudo Margono, dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral