Rizal: Cina Sengaja Beri Utang Besar Biar Kita Tak Mampu Bayar, Sehingga Bisa Dimiliki Asetnya

Kamis, 7 Oktober 2021 - 10:30 WIB

Jakarta - Lembaga riset AidData membeberkan negara-negara yang memiliki utang tersembunyi kepada Cina dan ternyata Indonesia masuk ke dalam daftarnya. Besarannya pun fantastis, mencapai 17,28 miliar dolar Amerika atau setara dengan 266 triliun rupiah.
Lembaga riset AidData membeberkan sejumlah negara yang memiliki utang tersembunyi kepada Cina di sepanjang tahun 2000-2007. Tumpukan utang dari sejumlah negara ini mengungkapkan ambisi Cina untuk membuat jalur sutra baru melalui proyek Belt and Road Initiative (BRI). Hutang tersembunyi ini mencapai 386 miliar dolar Amerika.
Dalam hasil riset data yang dirilis akhir September, nama Indonesia termasuk ke dalamnya. Indonesia disebut memiliki utang tersembunyi kepada Cina sebesar 266 triliun rupiah atau setara dengan 1,6 persen dari produk domestik brutto Indonesia.
Di luar utang tersembunyi ini Indonesia juga menerima pinjaman setara 4,42 niliar dolar Amerika atau setara dengan 63 triliun rupiah pada periode yang sama, melalui skema official development assistant. Selain itu juga tercatat pinjaman sebesar 29,96 miliar dolar Amerika atau setara dengan 427 triliun rupiah. 
Cina juga disebut memberikan utang tersembunyi kepada Laos, Angola, Namibia, Brunei Darussalam, Kazakhstan, Papua Nugini hingga Turkmenistan. Lembaga AidData mendefinisikan utang tersembunyi sebagai utang yang diberikan Ciina kepada negara berkembang yang bukan melalui pemerintah negara peminjam, melainkan melalui perusahaan negara, bank milik negara, perusahaan patungan dan swasta serta special mission vehicle.
Utang ini sebagian besar tidak muncul di neraca pemerintah masing-masing negara namun kebanyakan penerima utang akan mendapatkan manfaat melalui perlindungan pemerintah secara eksplisit maupun implisit. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral