Kebakaran di Gunung Bromo Diduga Karena Ulah Oknum Tak Bertanggung Jawab

Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:27 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Belasan hektar lahan vegetasi di Gunung Bromo terbakar dan kepakarannya pertama kali dipantau dari kamera pengawas BPBD Probolinggo, Jawa Timur.
Lokasi kebakaran ini berada di tebing barat lereng gunung Bromo tepatnya dari puncak Pondok Kawat Pasuruan. Kondisi vegetasi yang kering membuat petugas sempat kesulitan memadamkan titik api yang merambat dengan cepat. Kobaran api pun dengan cepat meluas hingga mencapai wilayah Kabupaten Probolinggo. Dengan sigap petugas gabungan TNI-Polri, tim Manggala Agni, TNBTS, dan BPBD setempat segera melakukan pemadaman api secara manual. Akibat kencangnya angin belasan hektar alang-alang yang kering langsung ludes terbakar.
Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara petugas gabungan kebakaran vegetasi di tebing barat Bromo ini diduga kuat ada unsur kesengajaan dari oknum yang tidak bertanggungjawab. 
"Berdasarkan pengalaman, apabila vegetasi itu dibakar maka ketika musim penghujan sudah mulai nanti rumput yang terbakar itu bisa lebih hijau, lebih segar," ujar Aries Setiawan selaku Supervisor Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo.
Kebakaran diketahui pada Sabtu (9/10) siang dan baru berhasil dijinakkan pada Minggu (10/10) pagi. Kebakaran hebat ini menghanguskan sepuluh hektar vegetasi di tebing dan empat hektar vegetasi di dasar tebing. Dimana lokasi itu terdapat vegetasi berupa cemara dan rumah bagi aneka burung liar yang hidup di kawasan Bromo setempat. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral