Jokowi Melakukan Peletakan Batu Pertama Smelter PT Freeport

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:32 WIB

Gresik, Jawa Timur - Presiden Joko Widodo hari ini (12/10) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan atau smelter tambang di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Smelter milik PT Freeport Indonesia ini berada di kawasan ekonomi khusus Gresik dengan nilai investasi 3 miliar Dollar Amerika Serikat.
Pabrik pengolahan konsentrat tembaga ini nantinya memiliki kapasitas 2 juta ton pertahun. Presiden berharap keberadaan smelter ini bisa meningkatkan nilai tambah produk tambang dalam negeri dan memperkuat hilirisasi pertambangan dalam masa konstruksi. Presiden menyebut ada 40.000 tenaga kerja yang terserap.
“Dalam masa konstruksi saja akan ada 40.000 tenaga kerja yang bisa bekerja artinya yang terbuka 8 pekerjaan ini akan banyak sekali diminati di Kabupaten Gresik dan di Provinsi Jawa Timur belum nanti kalau sudah beroperasi,” ungkap Jokowi dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama smelter.
Dengan membangun smelter di dalam negeri maka akan memperkuat hilirisasi industri. Ia bahkan memerintahkan satu persatu perusahaan apapun, baik swasta maupun BUMN yang berkaitan dengan tambang timah untuk masuk ke hilirisasi. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral