Gerebek Narkoba di Kampus USU, Pihak Kampus Sudah Curiga Sejak Maret Lalu

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:56 WIB

Medan, Sumatra Utara - Sebanyak 31 mahasiswa tertangkap tangan menyimpan, menggunakan, hingga mengedarkan narkoba jenis ganja kering di lingkungan kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Ironisnya para oknum mahasiswa tersebut diketahui mengedarkan narkoba di empat fakultas kampus dengan dalih menggelar praktikum pada malam hari sejak empat bulan lalu.
Para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara ini tak berkutik saat petugas BNN menggerebek kampus mereka Senin (11/10) malam. Dari hasil penggeledahan petugas menemukan ratusan paket kecil daun ganja kering dalam bagasi sepeda motor milik seorang mahasiswa. Penggerebekan dilakukan usai BNN Sumut mendapat permintaan dari pihak kampus yang mencurigai adanya peredaran narkoba di sejumlah fakultas. 
Fakultas Ilmu Budaya USU ini merupakan satu dari sejumlah fakultas yang disinyalir dijadikan sebagai lokasi peredaran dan penggunaan narkoba. Selain itu diduga pula ada di Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas MIPA.
BNN menyebut praktek peredaran narkoba di kampus USU ini telah berlangsung selama empat bulan terakhir. Pihak rektorat mengklaim sudah mencurigai adanya peredaran narkoba di kampusnya sejak Maret lalu. 
"Dikasih tahu sekali, enggak mau juga. Dua kali dikasih tahu juga, security nggak bisa keras-keras (menegur mahasiswa) karena takut kejadian, perkelahian," ujar Muryanto Amin, rektor USU kepada tvOne. Pihak kampus menegaskan langkah ini dilakukan untuk menimbulkan efek jera pada oknum mahasiswa lainnya. Dari penggerebekan tersebut sebanyak 31 orang diamankan, 16 diantaranya merupakan mahasiswa USU aktif, empat orang alumni kampus, dan sisanya mahasiswa dari kampus lain.
BNN Sumatera Utara menetapkan tiga orang sebagai tersangka yang berperan sebagai pemasok dan pengedar narkoba dengan barang bukti paket ganja kering seberat setengah kilogram. Mereka terancam hukuman pidana hingga lima tahun penjara. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral