Erupsi Gunung Cumbre Vieja Hancurkan Pabrik Perkebunan Pisang

Rabu, 13 Oktober 2021 - 09:40 WIB

La Palma, Spanyol - Aliran lava pijar dari erupsi Gunung Cumbre Vieja menghancurkan gedung pabrik perkebunan pisang di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol. Dalam tiga pekan terjadinya erupsi, hampir 1.200 bangunan hancur akibat aliran lava pijar.
Hingga kini lava pijar masih terus mengalir dari kawah Gunung Cumbre Vieja. Batuan cair terus meluncur dan bergerak jika dilihat dari kejauhan seperti sungai menyala. Tidak ada yang mampu menghalangi aliran lava yang mengalir dari kawah Gunung Cumbre Vieja. Tak hanya rumah, sekolah, gereja, dan pabrik tapi aliran lava juga menerjang berhektar-hektar perkebunan pisang yang berada di kaki gunung.
Ancaman lava memaksa otoritas setempat hari ini (12/10) memerintahkan sekitar 700 warga Desa Lalaguna diminta mengosongkan rumah dengan membawa seluruh harta benda dan juga ternak mereka. Diketahui, sehari sebelumnya aliran lava juga menimbun pabrik semen memicu ledakan yang memunculkan asap tebal membumbung ke udara.
Letusan dari kawah yang terjadi kemarin menyemburkan debu vulkanis. Kondisi tersebut membuat otoritas setempat mengatakan perintah lockdown untuk warga di dua desa. Bahkan Bandara La Palma juga ditutup untuk seluruh aktivitas penerbangan.
Kendati demikian, pada Selasa pagi awan debu vulkanis sudah tidak terlihat lagi. Petugas mencatat konsentrasi partikel padat di udara sudah jauh berkurang. Otoritas setempat mengumumkan berakhirnya imbauan di rumah saja dan sekitar 3500 warga terdampak sudah dibolehkan untuk beraktivitas ke luar rumah. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral