Aplikasi Quran Majeed Hilang dari App Store China

Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:22 WIB

Beijing, China - Salah satu aplikasi Alquran mendadak hilang dari ponsel iPhone dan gawai lainnya yang merupakan produk Apple di China. Hal tersebut merupakan permintaan pemerintah China kepada perusahaan Apple.

Aplikasi Quran Majeed digunakan oleh jutaan muslim di seluruh dunia. Biasanya mereka bisa dengan mudah mengunduh dan menggunakannya di ponsel cerdas. Namun, pengguna ponsel cerdas jenis iPhone dan produk Apple lainnya di China mendadak tidak bisa lagi menikmati aplikasi Quran Majeed. 

Aplikasi itu hilang begitu saja dari pilihan aplikasi di Appstore. Hai ini berawal dari permintaan pemerintah China. Aplikasi tersebut diduga memuat teks-teks keagamaan yang dianggap ilegal oleh pemerintahan Xi Jinping. Meski demikian, Partai Komunis China mengakui Islam sebagai agama resmi di negara itu.

Pembuat aplikasi Quran Majeed, PDMS menjelaskan, menurut Apple aplikasi Quran masjid dihilangkan dari Appstore China karena mengandung konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari pihak berwajib China.

Sedangkan pihak Apple dalam kebijakan hak asasi manusianya menjelaskan, mereka punya keharusan untuk mematuhi peraturan setempat, dan kadang-kadang ada persoalan rumit yang mungkin mereka tidak sepakat dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lain.

Selain Quran Majeed, aplikasi keagamaan Kristiani Alkitab Olive Tree juga terhapus dari produk Apple di China pekan ini. Pihak Olive Tri mengaku alasannya adalah karena mereka belum memutakhirkan aplikasi itu sesuai dengan persyaratan izin dari pemerintah China.

Pihak pemerintah China hingga saat ini belum memberikan penjelasan tentang penghapusan aplikasi-aplikasi tersebut. Tindakan serupa pernah dilakukan Apple bulan lalu. 

Di Rusia Apple menghilangkan sebuah aplikasi pemungutan suara taktis yang dirancang oleh pemimpin oposisi Alexei Navalny. Rusia mengancam untuk mendenda Apple jika tidak menghilangkan aplikasi tersebut.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral