Tok! Pemerintah Geser Libur Maulid Nabi Menjadi Tanggal 20 Oktober

Senin, 18 Oktober 2021 - 13:32 WIB

Jakarta - Pemerintah akhirnya memundurkan hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW yang awalnya tanggal 19 menjadi 20 Oktober 2021. Kebijakan ini diambil pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 di masa libur panjang.
"Pertimbangannya semata-mata adalah untuk menghindari masa libur yang panjang. Karena di celah antara hari libur dengan libur reguler itu itu ada hari kejepit, yaitu hari Senin. Sehingga kalau liburnya itu tetap di hari Selasa itu akan banyak orang memanfaatkan hari Senin itu untuk bolos atau izin," ungkap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Jika hal tersebut terjadi, sambung Muhadjir, maka akan terjadi pergerakan orang besar-besaran dan risiko penyebaran Covid-19 pun ikut meningkat tajam. Ia mengatakan pemerintah tidak akan main-main lagi berkaca dari peningkatan tajam kasus Covid pada Juni-Juli lalu.
"Karena kita sudah pengalaman setiap turun kemudian kita membiarkan libur panjang tanpa ada intervensi kebijakan, itu akan diikuti dengan kenaikan status (penyebaran Covid)," pungkasnya. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral