KRI Tarakan Temukan KM Maju IX Terbalik Usai Tabrakan dengan Kapal Pengangkut CPO

Selasa, 2 November 2021 - 10:19 WIB

Kepulauan Aru, Maluku - Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI Tarakan menemukan Kapal Motor Maju IX dalam posisi terbalik setelah ditabrak oleh Kapal New Global di laut Aru.
Kapal MT New Global yang bermuatan CPO menabrak kapal penangkap cumi KM Maju IX. Kapal tersebut sedang menangkap cumi di Laut Aru Maluku. Akibat dari tabrakan tersebut KM Maju IX  miring dan akhirnya tenggelam. Lokasi kejadian ini berada di 16 mil laut selatan Pulau Batu Goyang.
ABK KM Maju IX yang terombang ambing ditengah laut langsung diselamatkan kapal perang TNI Angkatan KRI Tarakan 905 dari satuan kapal buntu Koarmada III yang kebetulan saat itu tengah beroperasi siaga tempur laut di perairan Aru.
Satu tim Komando Pasukan Katak Koarmada III KRI Tarakan 905 diturunkan untuk melakukan penyelamatan. ABK yang selamat dengan menggunakan sekoci karet dan berenang di laut. Dalam penyelamatan ini petugas juga berhasil menyelamatkan seekor anjing milik ABK KM Maju IX.
Berdasarkan proses evakuasi tersebut 28 orang ABK berhasil diselamatkan sementara 4 orang ABK lainnya hingga kini masih dalam pencarian. Para ABK yang selamat selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo menggunakan kapal-kapal milik Lanal Aru.
Sementara itu, upaya pencarian terhadap 4 ABK KM Maju IX  terus dilakukan Koarmada III atau KRI yang beroperasi di perairan Laut Aru. Informasi yang didapatkan bahwa ada kapal MT New Global biaya membawa muatan CPO berangkat dari Merauke menuju ke Gresik.
“Kemudian pada saat melintas di selatan Pulau Aru, terjadi kecelakaan laut yaitu menabrak kapal cumi KM Maju IX. Tabrakan tersebut mengakibatkan kapal karam,” ungkap Letkol Laut (P) Choirur Rociqin, Danlanal Kepulauan Aru. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:43
05:47
03:09
02:04
02:28
04:12
Viral